Home Kabar Nahdliyin Pagar Nusa Pesanggaran Banyuwangi Digembleng Pendidikan Ke-Indonesiaan

Pagar Nusa Pesanggaran Banyuwangi Digembleng Pendidikan Ke-Indonesiaan

144
0
Foto bereng : Awang bersama Kader Pagar Nusa Pesanggaran pasca pembekalan materi Ke-Indonesiaan.

Pesanggaran, NUOB- Komitmen Nahdlatul Ulama terhadap kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebelum kemerdekaan hingga kini tetap dijaga. Hal itu diwujud oleh Pagar Nusa Pesanggaran dengan menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Asisten Pelatih.

Kegiatan yang dilaksanakan di SMK Darul Falah Pesanggaran, Banyuwangi para peserta ditempa dengan materi ke-Indonesia-an.

“Melalui materi ke-Indonesia-an ini, peserta dipahamkan tentang pentingnya nasionalisme dan nantinya mereka harus mampu memberikan pemahaman kepada calon kader Pagar Nusa”, kata Awang.

“Sejarah kemerdekaan Indonesia, kontribusi NU untuk Indonesia dan tanggungjawab NU terhadap Indonesia kita bahas pada materi ini. Melihat beberapa fenomena pemuda saat ini yang belum paham sejarah kemerdekaan dan berupaya ingin merubah dasar negara, Pancasila,” tambahnya.

Menurut Awang, perang saat ini adalah perang ideologi yang harus ditangkal oleh kader Pagar Nusa. Karena kata dia, ulama dan santri telah memperjuangkankan kemerdekaan wajib dipertahankan. Sehingga salah satu ikhtiarnya dengan mengkader pemuda-pemuda ikut Pagar Nusa.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Anak Cabang Pencak Silat NU Pagar Nusa Kecamatan Pesanggaran Ahmad Iwanuddin mengatakan, kegiatan tersebut menjadi bekal untuk mengkader Pagar Nusa.

“Peserta diajari materi dan jurus mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi yang menjadi bekal untuk mengkader generasi Pagar Nusa di Pesanggaran khususnya,” ujur Iwan

Dengan Diklat ini, para peserta diharapkan semakin militan dan memahami tentang keorganisasian Pagar Nusa.

“Kami harapkan dengan adanya Diklat ini kader Pagar Nusa lebih militan dan semakin faham tentang organisasi dan bisa menjaga keutuhan NKRI,” pungkas Iwan. (Tim NUOB/Her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here