Home / Berita Aktual / Pantun Camat Meriahkan HSN Di MWC NU Glagah

Pantun Camat Meriahkan HSN Di MWC NU Glagah

Goreng teri ning pesantren

Santri memang keren

itulah salah satu pantun yang di bacakan oleh Camat Glagah Astorik dalam acara pelepasan kirab santri yang dilaksanakan oleh MWC NU Glagah, Ahad (27/10).

Camat Glagah tersebut juga menjelaskan kata Santri berasal dari bahasa India yaitu Shastri yang artinya orang yang pandai dalam kitab suci.

Sementara K.H. Lua’ayi Mustain selaku Rois suriyah MWC Glagah menjelaskan kata ‘santri’ diawali dengan huruf sin yang artinya safiqul khoirot, yakni sebagai pelopor kebaikan. Huruf nun memiliki makna nasabul ulama penerus ulama. Selanjutnya huruf ta’ memiliki makna tariqul maasyi menjauhi maksiat “Jika tak bisa menjauhi maksiat bukan santri namanya,” tegas Kiai Luayyi.

Sementara huruf ‘ro’ bermakna rodiah santri harus ridha. Sedangkan ya’ nya, yaqin. “Seorang santri harus yakin dengan janji-janji Allah yang berupa kebahagiaan di akhirat. saya berpesan pada para guru untuk selalu mengajarkan muridnya untuk senantiasa berkhidmat kepada sesama,” kata Kiai Luayyi.

Koordinator acara kirab santri MWC Glagah Abdul Halim mengatakan, peserta yang memeriahkan acara kirab HSN tidak kurang dari 1000 orang. “Seribu peserta tersebut terdiri dari berbagai santri, tapi yang mendominasi adalah santri-santri TPQ se-Kecamatan Glagah,” ungkap Halim.

Dia juga mengatakan bahwa kegiatan peringatan hari santri di MWC Glagah akan terus dilaksanakan di setiap tahunnya, bahkan rencananya untuk tahun depan akan dibuat lebih besar.

“Untuk kegiatan hari santri tahun depan kami akan mengajak semua elemen masyarakat untuk memeriahkan hari santri,” pungkas Halim menutup penjelasannya. (Rosuli / Sh)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Tahun ini Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Hadiri Acara Maulid Nabi di Karangrejo

Banyuwangi – Tiap tahun Pengurus Ranting NU Karangrejo melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *