Home Berita Nasional Pastikan Kesiapan Pengawasan Pilkada, Bawaslu Banyuwangi Bimtek 217 Pengawas Kelurahan/Desa

Pastikan Kesiapan Pengawasan Pilkada, Bawaslu Banyuwangi Bimtek 217 Pengawas Kelurahan/Desa

183
0

Banyuwangi, NUOB – Sebanyak 217 Pengawas Kelurahan Desa se-Kabupaten Banyuwangi mengikuti Bimbingan Teknis yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Banyuwangi di Hotel Aston Banyuwangi hari ini, Sabtu (14/11). 

Bimtek tersebut digelar dalam rangka tahapan Kampanye dan jelang tahap pemungutan suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim. Dalam sambutannya, Hamim mengatakan kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan upaya memberikan penguatan dan pembekalan kepada PKD dalam rangka melakukan pengawasan pilkada di tengah pendemi Covid-19, apalagi dalam tahapan kampanye yang semakin memanas di lapangan.

Selain itu hadir pula Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Moh. Amin yang dalam kesempatan ini menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis. Yang mana inti dari materi yang disampaikan adalah menitik tekankan bahwa PKD mempunyai kewenangan untuk melakukan pencegahan dan bukan hanya sekedar mengawasi.

Dorongan motivasi juga diberikan anggota Bawaslu lainnya yaitu Koordiv. SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Banyuwangi, Anang Lukman Afandi, beliau menyampaikan bahwa PKD adalah ujung tombak pengawasan pemilu. Sehingga posisinya sangat vital dan menentukan. Pasalnya, banyak pelanggaran biasanya bermula di tingkat desa.

“Kami harap PKD mampu dalam melakukan pencegahan dan pengawasan secara maksimal, pertajam pengawasan agar ketika ada pelanggaran tidak lepas. Karena dalam proses penindakan pelanggaran, tentu kita harus mempersiapkan Laporan Hasil Pengawasan sebagai dasar untuk melakukan argumentasi pembuktian di MK” jelasnya.

Pelaksanaan Bimtek tersebut dihimbau kepada PKD dalam menjalankan tanggung jawab sebagai pengawas pemilihan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada serta menjaga integritas sebagai Pengawas Pemilihan. (nuob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here