Home Berita Aktual PC GP Ansor Banyuwangi Bagi-bagi Masker

PC GP Ansor Banyuwangi Bagi-bagi Masker

88
0
Ketua PC GP Ansor Kabupaten Banyuwangi H. Syukron Makmun Hidayat yang didampingi anggotanya secara langsung membantu dalam mengenakan masker kain kepada salah satu pengendara motor yang melintas di Jl. Ahmad Yani No. 59, Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi.

Banyuwangi – Sejak pandemi Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi menimbulkan dampak kesehatan ataupun perekonomian bagi masyarakat. Dalam upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran corona, PC GP Ansor Kabupaten Banyuwangi berbagi masker dan takjil gratis di sejumlah kecamatan yang bertepat di jalan utama kendaraan bermotor dan pejalan kaki.

Sebagai Ketua PC GP Ansor Kabupaten Banyuwangi H. Syukron Makmun Hidayat menjelaskan, kegiatan tersebut penting digagas untuk partisipasi kemanusiaan di tengah pandemi global seperti ini. Secara regular pengurus dan anggota turun di setiap jalan utama yang berada di Kecamatan Genteng, Purwoharjo, Kalibaru, Rogojampi, Wongsorejo, hingga di Kecamatan Banyuwangi tepat berada di jantung kota.

“Selain membagikan masker, di lokasi pengurus yang terlibat juga membagikan bingkisan takjil untuk buka puasa kepada masyarakat yang melintas secara gratis. Tentu bantuan ini sangat bermanfaat ! Apalagi di situasi yang tidak gampang seperti sekarang. Wabah corona tidak hanya menginfeksi kesehatan masyarakat, melainkan juga berdampak kepada perekonomian mereka,” jelas Syukron – sapaan karibnya saat dimintai keterangan oleh NU Online melalui sambungan telepon, Ahad, 17 Mei 2020.

Di lokasi pengurus tidak hanya memberikan bantuan masker dan takjil, mereka juga aktif memberikan himbauan kepada masyarakat yang melintas agar senantiasa tetap menjaga kesehatan, sesuai dengan anjuran protokol kesehatan dunia. Mulai dari: senantiasa cucui tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak dengan menghindari kerumunan, sampai pada anjuran untuk tidak keluar rumah, jika tidak terdapat kebutuhan mendesak.

Himbauan tersebut disampaikan secara langsung oleh Kordinator Lapangan (Korlap) dengan menggunakan megaphone. Sodikin (50 tahun) sebagai Korlap menjelaskan, himbauan kepada masyarakat secara langsung penting juga untuk disampaikan. Karena tidak ada jalan keluar di situasi sulit ini selain dengan gotong-royong kepada masyarakat dalam mematuhi anjuran pemerintah.

“Sudah jamak kita sebagai manusia untuk tetap selalu tolong-menolong dan mengingatkan,” ujar Sekretaris PC Rijalul Ansor.

Syukron menambahkan, jajaran pengurus Ansor sendiri telah rutin dalam menangani krisis bersama pemerintah kabupaten yang disebabkan oleh pandemi corona. Ia mengakui, hal itu tidak terlepas dari dukungan semua pihak, khususnya pengurus dan anggota Ansor-Banser se-Kabupaten Banyuwangi. Misalnya dalam keterlibatan tugas penjagaan di setiap titik checkpoint yang tersebar.

“Saat ini saya mengharapkan, kita semua tetap tingkatkan gotong-royong, saling peduli dan empati. Kita harus pikul bersama semua beban yang ada. Semoga kondisi ini cepat pulih sedia kala dan virus mematikan ini segera bisa tertangani,” harap Syukron menutup keterangannya.

Salah satu penerima masker dan sekaligus pengendara motor, Oktavia Dwi mengaku kegiatan sosial berupa bagi masker dan takjil sangat bermanfaat bagi masyarakat yang melintas. Karena sebagian dari pengguna jalan, tidak sedikit yang memiliki kesadaran dalam menggunakan masker kain saat aktivitas di luar rumah.

“Maka kehadiran Ansor-Banser saat ini menjadi angin segar sebagai mitra pemerintah untuk saling mengingatkan dan membantu kepada masyarkat terdampak secara langsung,” ujar Oktavia pria usia 27 tahun. (Sholeh)