PC LFNU Banyuwangi, Ajak Guru Madin Ikut Ruqyatul Hilal

Banyuwangi, NUOB– Pengurus PC LFNU Banyuwangi melaksanakan rukyatul Hilal awal Safar 1440 Hijriyah di Gumuk Klasi Indah Kemiri Singojuruh Banyuwangi, Selasa (9/10). Dalam kegiatan ini, PC LFNU Banyuwangi mengajak seegenap  Dewan Guru Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Tamrinatul Wildan, Cangaan, Genteng, Banyuwangi.

Observasi hilal pada penentuan awal bulan Shafar 1440 H dimulai Pukul 16.00. Diawali dengan seremonial pembukaan dan penyampaian materi tentang kondisi ufuk di barat dan posisi Hilal, ketinggian dan elongasinya, oleh ketua LFNU dilanjutkan proses rukyatul hila dipandu oleh Tsamratu Fikri, dan ditutp doa.

Gufron Mustofa, Ketua Pengurus Cabang Lembaga Falaqiyah Banyuwangi dalam sambutanya menyampaikan, bahwa kegiatan Ruqyatul Hilal yang dilakukan ini bukan hanya untuk keperluan melihat pergantian bulan, akan tetapi juga sarana praktik yang dilakukan oleh segenap guru Diniah yang selama bertahun-tahun belajar Ilmu Falaq.

“Puluhan guru madin ikut hadir dalam kegiatan rukyatul hilal pada kali ini untuk mempraktekkan ilmu falak yang telah mereka dalami di pesantren-pesantren mereka tempat mereka belajar. Disamping itu, mereka ingin mengenal lebih jauh tentang teknik-teknik rukyatul hilal menggunakan metode modern dan peralatan yang canggih. selanjutnya pengetahuan mereka akan ditransfer kepada santrinya”, Papar Gufron

Bekerja sama Badan Hisab Rukyat Kabupaten Banyuwangi melaksanakan rukyatul Hilal baik itu di gumuk klasi ataupun di pusat observasi bulan pantai Pancur tegaldelimo.

Dalam Ruqyatul Hilal kali ini, posisi irtifa’ hilal berada pada  3 derajat. Letaknya berada 2 drajat di utara Matahari. Matahari bias terlihat diufuk barat, namun hilal belum bias terlihat pasca terbenam matahari. Disebabkan oleh ketinggian hilal masih 3 derajat, sangat tipis sekali untuk dilakukan observasi dengan kasat mata, tanpa bantuan optic. Selanjutnya penentuan awal shafar menunggu ikhbar LFPBNU. (Nur yasin/Noe)

Comments

comments

Check Also

Gus Makki Ajak MWC NU Perhatikan Kaum Milenial

Banyuwangi, NUOB- Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi, KH. Ali Makki Zaini sedang menguatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *