PC LFNU Banyuwangi, Safari Falakiyah di PP Tamrinatul Wildan

Banyuwangi, NUOB– Pengurus Cabang LFNU Banyuwangi melaksanakan safari falakiyah di PP. Tamrinatul Wildan, Cangaan Genteng Wetan, Genteng Banyuwangi, Kamis (25/10). Dalam kegiatan ini, segenap pengurus PC LFNU turun langsung ke pesantren untuk mendekatkan ilmu falak kepada para ustadz dan santri.

Safari falakiyah berlangsung hingga dini hari. Diawali dengan pembukaan dan penyampaian materi tentang Rukyatul Hilal dalam pandangan Nahdlatul Ulama maupun Pandangan Pemerintah, oleh ketua LFNU Banyuwangi.  Dilanjutkan teknis Rukyatul Hilal dipandu yang pada kesempatan ini disampaikan oleh Tsamratu Fikri. Seluruh peserta tampak antusias menyimak paparan dari para Narasumber, hal tersebut terlihat dalam sesi tanya jawab, hampir sebagian peserta aktif melemparkan pertanyaan.

Gufron Musthofa, Ketua Pengurus Cabang Lembaga Falakiyah Banyuwangi dalam paparannya menyampaikan, bahwa kegiatan turba ke pesantren dilaksanakan untuk mengenalkan ilmu falak dan astronomy ke pesantren se Banyuwangi, baik yang sudah mempunyai kurikulum falak maupun yang belum.

Gufron juga menjelaskan terkait penentuan awal bulan dalam kalender Hijriah serta menjelaskan perbedaan pendapat tentang penentual awal bulan Qomariah, serta posisi NU dalam Hisab dan Rukyat. Dilanjutkan simulasi Rukyatul Hilal stellarium, dan praktek melihat bulan dengan teleskop oleh fikri.

Sementara itu, Haysim salah satu guru Madin Tanwirul Wildan turut mengapresiasi program turba ini. Menurutnya hal semacam ini perlu dilakukan secara continue, agar supaya para santri maupun guru madin tidak hanya mengetahui Ilmu Falaq secara teori, namun juga praktik. Hasyim juga menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, dengan ini segenap peserta yang hadir banyak mendapatkan ilmu baru.

“Kegiatan ini bukan hanya diikuti oleh guru madin fan falak saja, akan tetapi hampir semua guru madin turut hadir, hasilnya banyak sekali pengetahuan yang tidak ada di kitab atau buku kita peroleh malam ini, kedepan kita ingin terus bersama PCLFNU Banyuwangi. (Nur yasin/Noe)

Comments

comments

Check Also

Puzzle Pakde Karwo Karya Siswa SMK NU Al Futuhiyyah Curi Perhatian

BANYUWANGI, NUOB – Siswa-siswa SMK NU Al Futuhiyyah, Muncar berhasil menarik perhatian Gubernur Jawa timur, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *