Home / Berita Aktual / PCNU Banyuwangi Berangkatkan 15 Mobil Bantu Korban Banjir Bondowoso

PCNU Banyuwangi Berangkatkan 15 Mobil Bantu Korban Banjir Bondowoso

Banyuwangi, NUOB – Musibah bencana banjir yang melanda Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso langsung direspon Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama’ (PCNU) Banyuwangi dengan mengirimkan bantuan ke lokasi bencana.

Bantuan yang dikirim di antaranya yakni berupa sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan, biskuit, roti, susu bayi, popok bayi, selimut, dan berbagai jenis obat-obatan. “ Kami berkoordinasi dengan PCNU Bondowoso apa saja yang dibutuhkan korban bencana banjir. Setelah itu kami baru lakukan eksekusi penggalangan bantuan,” ungkap Ketua PCNU Banyuwangi, H.Mohamad Ali Makki Zaini.

Menurut Gus Makki panggilan akrab H.Mohamad Ali Makki Zaini, bantuan yang dikirimkan tersebut merupakan spontanitas dari warga nahdliyin di masing-masing ranting NU dan MWCNU. “ Bantuan yang kami kirimkan hari ini hasil penggalangan secara spontanitas selama semalam,” cetusnya.

Suasana di depan Kantor PCNU Banyuwangi sebelum Pemberangkatan Bantuan peduli Banjir ke Bondowoso

Tidak hanya pengurus NU, bantuan yang dikirim menggunakan lima belas mobil operasional PCNU Banyuwangi itu juga berasal dari para dermawan yang digalang oleh Forum Komunikasi Kepala Desa Nahdlatul Ulama (FK2NU).

“Begitu terjadi musibah bencana banjri di Bondowoso, para kepala desa NU ini langsung dengan spontan berinisiatif mengambil bagian ikut melakukan pengalangan dana juga secara spontanitas yang disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama’ (LAZISNU) PCNU Banyuwangi,” jelas Gus Makki.

Tidak hanya sekedar mengirim bantuan kebutuhan pokok. Namun juga mengirimkan tenaga relawan yang ikut membantu warga di lokasi bencana. Tim relawan yang berangkat dari lembaga penangulangan bencana dan perubahan iklim (LPBINU), Banser Tanggap Bencana (Bagana) dan relawan dari MWCNU. “ Ada sedikitnya 40 orang personel yang terjun menyalurkan bantuan sekaligus menjadi relawan di lokasi bencana,” terang Gus Makki.

Setelah tim relawan yang dikomandani H.Hasyim Zahnan sampai di lokasi bencana akan melaporkan kondisi dan situasi terkini. Dari laporan pengurus PCNU yang datang ke lokasi bencana, baru akan dilakukan langkah-langkah lanjutan. “ Jika memang rekomendasi relawan butuh bantuan, maka akan kami galang kembali,” tandasnya.

Seperti diketahui, banjir bandang menerjang Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, pada Rabu siang (29/1). Banjir bandang disebabkan oleh hujan dengan itensitas tinggi di wilayah Pegunungan Ijen.

Pantauan sementara BPBD setempat menyebutkan, bahwa kebakaran hutan dan lahan (karthutla) 2019 lalu di wilayah hulu atau pegunungan Ijen menjadi faktor kejadian banjir bandang tersebut. Akibat banjir ini, BPBD Bondowoso mencatat sebanyak 200 keluarga terdampak banjir dan mereka mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat terdekat. (nuob)

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Cegah Corona, Ansor-Banser Kecamatan Banyuwangi Semprot Disinfektan Puluhan Masjid hingga Destinasi Wisata

BANYUWANGI – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, puluhan masjid dan mushala di kecamatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *