Home / Berita Aktual / PCNU Banyuwangi Sesalkan Insiden Kerusuhan dan Kekerasan di Bangorejo

PCNU Banyuwangi Sesalkan Insiden Kerusuhan dan Kekerasan di Bangorejo

Banyuwangi, NUOB – Peristiwa perusakan rumah yang dilakukan oleh segerombolan masa tak bertanggung jawab di Dusun Sukorejo, Desa/Kecamatan Bangorejo Kamis (8/8) malam, mendapat reaksi dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama’ (PCNU) Banyuwangi.

Ketua Tanfidziyah PCNU Banyuwangi, H.Muhamad Ali Makki Zaini sangat prihatin dan turut merasakan kepedihan sebagaimana dirasakan oleh warga NU yang tertimpa musibah yang rumahnya dirusak hingga hancur.

“PCNU Banyuwangi menyesalkan tindakan main hakim sendiri, hukum rimba oleh siapapun dan atas alasan apapun karena negara ini negara hukum, bukan negara bar bar,” ungkap Gus Makki sapaan akrab H.Muhamad Ali Makki.

PCNU Banyuwangi juga meminta dan terus mendorong pihak kepolisian agar mengusut tuntas peristiwa pengeroyokan, perusakan dan intimidasi yang terjadi di Dusun Sukorejo, Desa/Kecamatan Bangorejo. Sehingga yang salah secara hukum agar diproses hukum dan yang benar memperoleh keadilan.

“Kami mengimbau kepada semua pihak apakah dari PSHT apakah warga atau siapapun yang berkaitan sama-sama menahan diri dan mempercayakan semuanya kepada aparat kepolisian. Kami percaya Polri Profesional dalam menangani perkara ini,” jelas pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah, Parijatah Kulon ini.

Pasca kejadian tersebut, lanjut Gus Makki PCNU juga telah mendapat laporan dari pengurus ranting NU Ringintelu dan ranting NU Sukorejo serta pengasuh pesantren Tahfidzul Qur’an di sekitar lokasi perihal peristiwa yang mencekam dan meresahkan warga tersebut.

Perusakan rumah dan pengeroyokan tersebut, kata Gus Makki bukanlah bagian dari budaya warga Banyuwangi. Karena warga Banyuwangi adalah masyarakat yang ramah, menjaga sopan santun, dan menjunjung tinggi nilai-nilai adat ketimuran.

“Kami meminta pemerintah agar melakukan tindakan pemulihan situasi bersama sama elemen masyarakat lain secepatnya, karena banyak warga yang masih merasa ketakutan dan trauma.” tandasnya. (dj/nuob)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Peduli Wamena, NU Care Lazisnu Kabupaten Banyuwangi Galang Bantuanfcc

Kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua, telah menyebabkan banyak kerugian. Kendaraan dan gedung hancur, puluhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *