Pendekar Pagar Nusa Srono Banyuwangi Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

Srono, NUOB – Puluhan pendekar dari Pengurus Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Srono, Banyuwangi mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT).

Acara yang digelar di MI Al-Hikmah 1 Sukopuro, Kecamatan Srono, Banyuwangi ini dimulai pada Kamis (13/12/2018) malam hingga Jumat (14/12/2018) pagi. Sejumlah undangan yang hadir antara lain, PAC Pagar Nusa Muncar, Tegaldlimo, Purwoharjo, Bangorejo, Siliragung, Songgon dan Genteng.

“Ada kurang lebih 40-an peserta yang mengikuti kegiatan UKT ini. Selain dari Rayon MI Al-Hikmah, Ranting Sukopuro juga dari Ranting Rejoagung yang ikut serta,” kata Rizki Restiawan, Ketua Panitia UKT, Sabtu (15/12/2018).

Menurut Rizki, kegiatan UKT tersebut dilakukan secara berkala. Hal ini berguna sebagai pertimbangan naiknya level penguasaan materi dari yang sudah diajarkan oleh para pelatih selama latihan.

“Ini sudah yang kesekian kali kami mengadakan UKT. Semoga ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat,” ungkapnya.

Sekretaris PAC Pagar Nusa Srono, Abdul Malik mengatakan, jumlah pendekar Pagar Nusa di Srono ada sekitar 200 orang. Dari jumlah tersebut tersebar hampir di seluruh desa se-Kecamatan Srono.

“Masing-masing Ranting sudah terbentuk, bahkan ditingkat Rayon sekalipun beberapa diantaranya sudah ada,” jelas Malik.

Sementara itu Ketua Majelis Musyawarah Cabang (MWC) NU Srono, Kiai Sunaheri mengapresiasi kegiatan UKT ini.

“Perkembangan Pagar Nusa di wilayah Srono tiap hari terus bertambah. Ini luar biasa, menunjukkan bahwa kaderisasi terus berjalan dengan baik,” ujarnya.

Meski jumlahnya terus bertambah, Kiai Sunaheri berharap Pagar Nusa di Srono tetap harus rendah hati dan menjaga komunikasi dengan organisasi pencak silat lain.

“Tetap harus guyub rukun. Karena damai itu indah. Di dalam Islam pun juga mengajarkan agar kita senantiasa hidup berdampingan dan guyub rukun,” pungkas Sunaheri. (Awang/NUOB)

Comments

comments

Check Also

Terpilih Sebagai Ketua, Muhammad Canangkan MWC Singojuruh Lebih Mandiri

Singojuruh, NUOB – Konferensi Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Singojuruh pada Ahad (15/7) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *