Breaking News
Home / Kabar Nahdliyin / Perbanyak Kader Militan, PAC IPNU Kabat Selenggarakan Makesta

Perbanyak Kader Militan, PAC IPNU Kabat Selenggarakan Makesta

Kabat, NU_online bwi
20160508_204133_1024x768Sempat vakum dalam kepengurusan, PAC IPNU IPPNU Kecamatan Kabat kini kembali berkhidmat. Diawali dengan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) yang diselenggarakan di Balai Desa Pakistaji – Kec. Kabat, diharapkan mampu menjadi awal berkiprahnya PAC IPNU IPNU Kecamatan Kabat.

Pada pembukaan kegiatan (Kamis, 08/5) ini dihadiri oleh Ketua MWC NU Kecamatan Kabat, Ketua PC IPNU dan IPPNU Banyuwangi.

Dalam sambutan, Rekan Yahya (Ketua PC IPNU Banyuwangi) berharap kepada para peserta Makesta untuk mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dan menjadi kader-kader yang baik dan militan.

Pemuda masa kini merupakan generasi penerus di masa yang akan datang. Majunya masa depan bergantung apa dan bagaimana yang dilakukan oleh para pemuda saat ini, begitu pula sebaliknya.

“Dengan adanya makesta ini, saya harap, peserta Makesta mampu menjadi generasi penerus bapak-bapak dan ibu-ibu Nahdlatul Ulama dan menjadi warga negara Indonesia yang baik.” tutur H. Mastur, M.Pd.I , selaku MWC NU Kabat

Beliau juga menambahkan bahwa dewasa ini anak-anak atau para pemuda jarang mengikuti kegiatan-kegiatan (amaliyah) NU seperti mengaji kitab, berjanzi, tahlilan, shalawatan dan seterusnya. Dalam hal ini kader IPNU dan IPPNU harus mampu melestarikan amaliyah-amaliyah tersebut.

Bentuk-bentuk forum tidak hanya satu arah saja, tapi peserta juga diajak berinteraksi dalam forum Makesta. Para peserta sangat aktif ketika sesi diskusi bersama berlangsung, mulai dari membuat argumen-argumen dan presentasi di depan.

Ice Breaking dan permainan-permainan juga diberikan oleh fasilitator dan pemateri Makesta. Tujuannya tidak lain supaya para peserta tidak tegang dan mampu menyerap materi yang telah dipaparkan.

Pasca Makesta, kegiatan dilanjutkan dengan Konferensi PAC IPNU Kecamatan Kabat guna pemilihan ketua baru. Presidium sidang langsung dipimpin oleh Rekan Ropingi (Sekretaris II PC IPNU Banyuwangi). Pemilihan ketua dilakukan dengan musyawarah antar peserta dan berlangsung cukup singkat. Musyawarah pemilihan ketua memutuskan Rekan Ali Hidayat sebagai ketua terpilih PAC IPNU Kecamatan Kabat.

Dalam sambutan sebagai ketua terpilih, Rekan Ali menuturkan, “Kerja sama dan hubungan tali persaudaraan antar kader harus kita bangun dan tingkatkan lagi agar dapat bersinergi kembali. Mari kita berkhidmat di IPNU dengan sungguh-sungguh.”

Konferensi dilanjutkan oleh PAC IPPNU Kecamatan Kabat dan dilakukan melalui pemungutan suara. Sebanyak 18 perserta memberikan suara masing-masing dan menghasilkan 17 suara sah untuk Rekanita Siti Uun F. dan 1 suara sah untuk Mila Maulidia. Demikian, setelah melihat hasil perolehan suara dan persyaratan untuk menjadi Ketua PAC IPPNU telah terpenuhi, Rekanita Siti Uun F. menjadi ketua terpilih PAC IPPNU Kecamatan Kabat.

“Saya menginginkan PAC IPPNU di Kabat itu hidup lagi, karena sempat vakum beberapa waktu. Mari kita bersama-sama membangun PAC IPPNU ini lagi.” Ucap Siti, ketua terpilih PAC IPPNU Kabat

Setelah ketua PAC IPNU IPPNU Kabat terpilih, dilanjutkan dengan pembaitan anggota oleh PC IPNU Banyuwangi. Kegiatan diakhiri dengan penutupan acara.

Rekan Haris PC IPNU Banyuwangi – berharap dalam sambutannya bahwa setelah Makesta dan Koferensi PAC IPNU IPPNU Kabat untuk mewarnai para pemuda dan pelajar di Kecamatan Kabat khususnya.

Sambutan dilanjutkan oleh Kepala Desa Pakistaji, H. Mustain Akwan. Sehubungan waktu mulai larut malam, beliau mempersingkat sambutannya dengan memberikan motivasi kepada Pengurus PAC IPNU IPPNU Kecamatan Kabat yang baru.

“Harapan kami, rekrutmen kader perlu ditingkatkan dan dikuatkan lagi. Kita bangun dan kerja sama dengan baik di ranting-ranting dan anak cabang dan memperjuangkan Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah.” tutur Kades Pakistaji yang juga alumnus PR IPNU Desa Pakistaji tersebut.

(Awang/dir)

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

PAC IPNU IPPNU Muncar Gelar Pengajian Aswaja

Muncar, Banyuwangi – PAC IPNU IPPNU Kecamatan Muncar menggelar kegiatan pengajian Aswaja di dusun Sukosari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *