Peringati Hari HAM Sedunia, LPBHNU Gelar Bedah Buku HAM

 

BANYUWANGI, NUOB – Pengurus Cabang Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (PC LPBH NU) Banyuwangi, menggelar beda buku Hak Asasi Manusia, Politik Hukum dan Agama di Indonesia di aula kantor PC NU Banyuwangi, hari ini Jumat (14/12/2018).

Acara ini digelar untuk memperingati hari Hak Asasi Manusia ( HAM) sedunia. Dalam acara ini juga hadir Ketua Serikat Pengajar Hak Asasi Manusia Indonesia, Al-Khanif, SH., MA., LLM., Ph.D, Ketua Ikatan Sarjana Hukum Indonesia Banyuwangi, Sugihartoyo, SH., MH, dan Ketua Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia PCNU Banyuwangi, Taufik WR Hidayat. Yang bertindak sebagai pemateri beda buku HAM hari ini.

Menurut Ketua PC LPBH NU Banyuwangi Ahmad Rifai, kegiatan ini bertujuan untuk membahas lebih dalam apa arti hak asasi manusia sebenarnya. Sebab menurut Rifai hingga saat ini banyak masyarakat yang masih awam bahkan belum mengenal hak asasi manusia itu sendiri.

“Untuk itu dengan momentum peringatan HAM sedunia bisa kita manfaatkan untuk memahami HAM yang benar. Sehingga kita tidak memahami HAM dengan salah,”kata Rifai.

Selain itu, kata Rifai, kegiatan ini juga untuk mengenalkan kepada masyarakat terutama kaum nahdiyin di Banyuwangi fungsi dari LPBH NU. Diharapkan lembaga yang menangani penyuluhan dan bantuan hukum bisa bermanfaat bagi masyarakat Banyuwangi.

“Kedepan LPBH NU juga mempunyai program membantu mastarkat tidak mampu dan warga NU di Banyuwangi dalam bidang hukum. Jika ada masyarkat yang bermasalah dengan hukum dan membutukan advokasi maka LPBNU siap membantunya dan itu dilakukan secara geratis,” tegas pria yang keseharianya berprofesi sebagai advokat ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Rois Syurya PC NU Banyuwangi KH. Muhamad Yamin mengatakan, pihaknya mewakili pengurus Nahdlatul Ulama Banyuwangi sangat mengapresiasi kegiatan bedah buku HAM dan Peringatan hari HAM sedunia ini. Dan diharapkan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat luas.

” Saya senang dengan kegiatan ini karena didominasi anak muda sehingga semangat. Dan saya harapkan acara seperti ini bermanfaat bagi masyarakat luas,” pesan KH Muhamad Yamin di Aula Kantor PC NU Banyuwangi.

Acara Peringatan hari HAM Sedunia ini dilanjutkan denga bedah buku HAM dengan menghadirkan tiga narasumber dengan latar belakang yang berbeda. Dengan dipandu oleh pengurus PC LPBH NU Banyuwangi Taufiqurrahman. (Her/jo)

 

Comments

comments

Check Also

Benteng Terakhir Ajaran Islam yang Membawa Rahmat Berada di Akar Rumput

Banyuwangi – Wakil Rais Syuriah Ranting NU Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi H. Abdul Nasir Basrawi menegaskan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *