Home / Berita Aktual / Peringati Hari Santri Nasional, PCNU Banyuwangi Gelar Kemah Libatkan 999 Santri

Peringati Hari Santri Nasional, PCNU Banyuwangi Gelar Kemah Libatkan 999 Santri

Banyuwangi, NUOB – Hari Santri merupakan hari paling bersejarah di kalangan santri Indonesia, di mana perjuangan dan pergerakan para santri dalam mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan, serta mengawal tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di mana melalui resolusi jihad yang dikumandangkan Rais Akbar KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945, mendapat apresiasi yang luar biasa dari Pemerintah Republik Indonesia dengan ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri melalui Keppres No. 22 pada tahun 2015.

Pada rapat koordinasi dengan Pengurus Harian di Kantor PCNU, Ketua PCNU Banyuwangi H. Moh. Ali Makki manyampaikan bahwa, Peringatan Hari Santri Tahun 2019 ini akan diisi dengan kegiatan Kemah Santri. Acara ini akan melibatkan Ratusan Santri perwakilan dari seluruh Pesantren di Banyuwangi pada Hari Ahad-Senin, 20-21 Oktober 2019 di Bumi Perkemahan Wisata Pinus, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon.

Gus Makki, sapaan akrabnya, berharap hasil yang dari kegiatan ini adalah menumbuhkembangkan sikap percaya diri dan bangga sebagai santri, meningkatkan tali silaturrahmi dan ukhuwah, patriotisme, dan berwawasan kebangsaan, sesuai dengan nilai-nilai Islam ahlussunnah wal jamaah.

“Tema Peringatan Hari Santri tahun ini adalah Santri’s Camp, diikuti oleh 999 Santri dari seluruh Pesantren, nantinya perkemahan ini akan diisi berbagai kegiatan dengan mengoptimalkan peran serta para santri se-Kabupaten Banyuwangi,” ujarnya kepada NU Online Banyuwangi, Ujarnya.

Selain tujuan diatas, lanjut Gus Makki, Kegiatan ini juga bertujuan untuk Merekatkan jalinan ukhuwah sekaligus sinergitas antara pengurus MWCNU di setiap kecamatan dengan pengasuh dan santri pondok pesantren di setiap wilayah kecamatan.Memberikan pembekalan penguatan ASWAJA, ke NU an dan kebangsaan terhadap kaum santri yang sebagian besar adalah kaum millenial, dan membentengi dan menguatkan karakter kebangsaan santri millenial di Banyuwangi dari serbuan faham di luar ajaran Ahlussunah Wal Jamaah An Nahdliyah. (nuob)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Tahun ini Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Hadiri Acara Maulid Nabi di Karangrejo

Banyuwangi – Tiap tahun Pengurus Ranting NU Karangrejo melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *