Peringati Kemerdekaan RI, NU Tegaldlimo Adakan Sholawat dan Doa Kebangsaan

Tegaldlimo, NUOB – Sekitar 3 ribu warga nahdliyin memadati RTH Purwoasri, Tegaldlimo, Rabu malam (16/8). Mereka bersama-sama melantunkan sholawat dan doa untuk bangsa. Acara bertajuk ‘Dari NU untuk Bangsa; Dzikir dan Sholawat Kemerdekaan’ digelar oleh MWC NU Tegaldlimo untuk memperingati HUT ke-72 Republik Indonesia.

Lagu ‘Indonesia Raya’ dan ‘Mars Syubbanul Wathon’, mengawali acara. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian sholawat dan tausiyah. Ada 20 grup sholawat dari seluruh Kecamatan Tegaldlimo yang memeriahkan acara tersebut.
“Ini adalah bagian dari upaya NU menunjukkan mahabbah (kecintaa) kepada Nabi Muhammad, sekaligus mahabbah kepada bangsa Indonesia,” ungkap Rois Syuriah MWC NU Tegaldlimo KH. Saifuddin Zuhri kepada NUOB.
.
Hal senada juga disampaikan oleh Kiai Muhdlar Atim. Mubalig asal Genteng tersebut, menegaskan akan kecintaan warga NU dan umat Islam pada umumnya, terhadap NKRI. Banyak kontribusi para kiai dan santri dalam mewujudkan kemerdekaan Negara tercinta ini.
Selain dalam bentuk perjuangan fisik, lanjut Muhdlar, untuk menjaga bangsa Indonesia adalah dengan melestarikan Islam Nusantara yang sesuai dengan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah. Dengan melestarikan tradisi keagamaan, seperti halnya sholawatan bersama, tahlilan, yasinan, selamatan, dan lain sebagainya adalah cara lain menjaga kerukunan dan persatuan sesama anak bangsa.
“Dengan adanya kerukunan inilah, maka keutuhan NKRI akan tetap terjaga. Sebaliknya, jika tidak lagi terjalin kerukunan, maka keutuhan NKRI ini akan terancam,” jelasnya.
Sementara itu, Camat Tegaldlimo Megawan yang hadir bersama Forpimka mengapresiasi kegiatan tersebut. “Ini bentuk dari menjaga ukhuwah islamiyah sekaligus ukhuwah wathaniyah,” pungkasnya. (ay)

Comments

comments

Check Also

Pengurus BKPRMI Banyuwangi Resmi Dilantik

Banyuwangi, NUOB- Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Banyuwangi resmi dilantik pada Ahad …

One comment

  1. Mantep kang… di daerah lain alhamdulillah juga memperingati hari kemerdekaan…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *