Polsek Purwoharjo Gandeng NU Purwoharjo Jaga Stabilitas & Kondusifitas Pemilu 2019

Purwoharjo, NUOB – Pasca Rakor Sambung Hati, penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara Polres Banyuwangi dengan PC NU Banyuwangi yang dilaksanakan di Mapolres Banyuwangi pada Jumat (21/12) dalam rangka sinergitas menjaga stabilitas dan kondusifitas selama Pemilu 2019 mendatang, Polsek Purwoharjo menggandeng MWC NU Purwoharjo untuk menandatangi nota kesepakatan bersama antara Polsek Purwoharjo dengan MWC NU Purwoharjo dalam hal yang sama.

Komitmen bersama tersebut, ditandatangani oleh Kapolsek Purwoharjo AKP Ali Ashari, SH. dan Ketua Tanfidziyah MWC NU Purwoharjo Bapak Imam Djajuli pada Selasa (25/12) di serambi Masjid Jami’ Al-Huda Grajagan, Purwoharjo yang disaksikan oleh jajaran Pengurus MWC NU Purwoharjo, Pengurus Ranting NU, Banom NU (Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, IPNU, IPPNU) dan jamaah pengajian. Berikut ini kesepakatan bersama tersebut:

Kami Polsek Purwoharjo dan MWC NU Purwoharjo sepakat menyatakan:

  1. Membentuk forum sinergitas dalam menigkatkan komunikasi antara Polsek Purwoharjo dengan MWC NU Purwoharjo dalam menangkal berbai macam isu yang berkembang di masyarakat yang mengarah pada munculnya isu SARA.
  2. Bersama-sama menciptakan situasi Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk serta menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut dan ujaran kebencian.
  3. Memberdakan peran MWC NU dan Kapolsek Purwoharjo serta anggota Bhabinkamtibmas dengan Pengurus Ranting NU dalam melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat.
  4. Melakukan mediasi dengan mengedepankan kearifan lokal dan melibatkan 3 pilar terhadap munculnya permasalahan di masyarakat untuk mendapatkan solusi yang dapat diterima oleh semua pihak tanpa mengesampingkan penegakan hukum
  5. Bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan disintreasi bangsa.

Prosesi yang dilaksanakan di sela-sela Pengajian Rutin Selosoan yang dihelat oleh MWC NU Purwoharjo tersebut, mendapat perhatian dari kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kecamatan Purwoharjo, Rekan Aditia Prasetyana.

“Di ranah pelajar, santri dan mahasiswa, kami (IPNU) siap membantu bapak-bapak Polisi dan Nahdlatul Ulama dalam ketertiban perayaan tahun baru dan Pemilu 2019,” ungkap Rekan Pras sapaan akrabnya, saat diwawancarai oleh Kontributor NU Online Banyuwangi

“Memang, acara-acara perayaan tahun baru banyak dilakukan hura-hura dan kadang hal-hal lain yang kurang bermanfaat. Di sini, IPNU akan mengajak para kaum muda untuk merayakan malam pergantian tahun dengan kegiatan yang positif seperti kajian kitab, diskusi, pengajian, khataman al-Qur’an dan lainnya,” tambahnya

“Selain itu, ketika menghadapi Pemilu 2019 mendatang, diharapkan para pemuda khususnya pelajar yang sudah memiliki hak pilih, untuk bisa tertib selama pelaksanaan Pemilu 2019. Jangan sampai terprovokasi oleh isu-isu yang bersifat menghasut maupun ujaran kebencian,” harapnya (Awang/NUOB).

Comments

comments

Check Also

Terpilih Sebagai Ketua, Muhammad Canangkan MWC Singojuruh Lebih Mandiri

Singojuruh, NUOB – Konferensi Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Singojuruh pada Ahad (15/7) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *