Program Dhabila Lazisnu Banyuwangi Mulai Bergerak

Wongsorejo, NUOB – Meski Lazisnu Banyuwangi masa khidmat 2018 – 2023 sendiri baru terbentuk, namun mulai menggebrak dengan berbagai program. Salah satu program yang digerakkan adalah Program dhuafa binaan Lazisnu (Dhabila).

Program Dhabila untuk pertama kalinya disalurkan kepada Zainab warga Dusun Krajan II, Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo. Ia hidup sebatang kara dan mengandalkan hidup dari belas kasihan tetangganya. Sanak keluarganya pun tak ada.

“Kami mendapat laporan dari MWC NU Wongsorejo kalau, Ibu Zainab meninggal dunia, beberapa hari yang lalu. Sebagai warga Nahdliyin, tentu ada tradisi untuk didoakan, ditahlili, hingga tujuh hari, empat puluh hari, seratus dan seterusnya. Untuk itu, kita hadir memastikan hal tersebut. Kita membawa sembako untuk selametan agar almarhumah Bu Zainab tak lagi membebani tetangganya,” ungkap Wakil Ketua PCNU Banyuwangi yang membidangi LAZISNU Arif Fauzi kepada NUOB, Jumat malam (20/7).

 

Tim LAZISNU berkunjung ke Ibu Sutriyah

 

Selain itu, Tim LAZISNU juga mengunjungi Sutriyah. Ia merupakan tetangga almarhumah Zaenab yang menderita kelumpuhan. Ia pun akan menjadi sasaran Dhaliba LAZISNU. “Kita akan segera koordinasikan dengan LAZISNU MWC Wongsorejo untuk bisa memberikan pelayanan keumatan kepada Ibu Sutriyah,” cetus Ketua PC LAZISNU Banyuwangi Irfan Afandi.

Berbagai akses terhadap program LAZISNU, baik sebagai donatur maupun memantau penyaluran dana, bisa datang langsung ke Kantor PCNU Banyuwangi yang beralamat di jalan Ahmad Yani, nomor 59 Banyuwangi. “Atau bisa kunjungi website lazisnubwi.net,” imbuh Irfan.

Untuk mengefektifkan gerakan sosial tersebut, PCNU Banyuwangi saat ini melakukan pendataan terhadap warga yang mengalami kesusahan. Baik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, biaya kesehatan maupun pendidikan. “Kita melibatkan ranting untuk melakukan pendataan tersebut,” pungkas Arif Fauzi. (ay)

Comments

comments

Check Also

Gus Makki Ajak MWC NU Perhatikan Kaum Milenial

Banyuwangi, NUOB- Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi, KH. Ali Makki Zaini sedang menguatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *