Rais Syuriah Kh. Ahmad Shiddiq saat memberikan sambutan pada acara safari Ramadan di Masjid al-Ikhlas Karangrejo, Jumat (31/5) malam. (Foto: Wafa)

Rais Syuriah MWC NU Banyuwangi : Perbedaan Hadir Bukan Untuk Dimusnahkan

Banyuwangi – Rais Syuriah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Kh. Ahmad Shiddiq menegaskan perbedaan atau keragaman di Negara Indonesia bukan untuk dimusnahkan atau dihanguskan, karena ini adalah kekayaan negara yang sesungguhnya.

Penegasan itu disampaikan oleh Kh. Ahmad Shiddiq saat memberikan sambutan pada acara safari Ramadan yang dilaksanakan di Masjid al-Ikhlas, Kelurahan Karangrejo, Kabupaten Banyuwangi, Jumat (31/5) malam.

Di hadapan ratusan jamaah yang hadir, Ia menjelaskan, ada ribuan suku yang eksis di negeri ini. Diantara cara untuk merawat kerukunan adalah saling menghormati satu dengan lainnya, toleransi, dan menggunakan dialog kerjasama dengan prinsip kesetaraan.

“Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika adalah kunci perekat keberagamaan bangsa. Keragaman bukan menjadi alat perpecahan,” terang Gus Shiddiq sapaan karib Kh. Ahmad Shiddiq yang juga sebagai Pengasuh Pondok Pesantren al-Anwari, Kertosari, Banyuwangi.

Tentang keragaman, ia menganalogikan dengan tangan kanan dan kiri manusia. Meski kedua tangan ini memiliki letak dan fungsi yang berbeda, namun keduanya saling melengkapi.

“Maka menyambut hari lahir Pancasila. Marilah kita sama-sama mengamalkan lima sendi utama Pancasila dalam kehidupan sosial sehari-hari,” pesan Gus Shiddiq.

Senada hal itu, Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Kh. Akhmad Mushollin mengajak ratusan warga nahdliyin yang hadir untuk benar-benar aktif secara utuh dan konsisten pada organisasi yang didirikan oleh Kh. Hasyim Asy’ari di tanggal 31 Januari 1926 M ini.

“Selain banyak berkah kehidupan yang didapatkan. Juga karena NU adalah organisasi masyarakat yang konsisten mengawal keragaman dan merawat kekayaan budaya di negeri kita hingga detik ini,” pungkas Gus Mushollin.

Pada kegiatan malam itu juga dilangsungkan santunan kepada puluan anak yatim oleh Lazis MWC NU Kecamatan Banyuwangi. Ditambah dengan rangkaian penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba tahfidz Juz ‘Amma yang telah dilaksanakan oleh pengurus Ranting NU Karangrejo. (Sholeh)

Comments

comments

Check Also

KH. Fachrudin Mannan: Surga Merindukan Salah Satu dari Empat Golongan

Muncar, Banyuwangi – Rais Syuriah MWC NU Kecamatan Muncar KH. Fachrudin Mannan menjelaskan, surga merindukan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *