Rais Syuriah NU Karangrejo Sampaikan Pesan saat Lailatul Ijtima

Karangrejo, Banyuwangi – Ranting NU Karangrejo menggelar Lailatul Ijtima’ di Mushala Nurul Anwar Lingkungan Karanganom, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, Senin (25/02) malam.

Rais Syuriah Ranting NU Karangrejo Ust Mohamad Samsul Huda hadir dan sekaligus menyampaikan pesan dalam sambutannya.

Ia berpesan kepada puluhan warga NU yang hadir untuk senantiasa memakmurkan mushala atau masjid di lingkungan sekitar.

Pasalnya, ketika ada jamaah yang masih peduli dalam mengurus kemakmuran mushala atau masjid, rahmat dan taufiq Allah SWT akan senantiasa turun.

“Rahmat dan taufiq akan hadir dalam mushala atau masjid ketika jamaah melaksanakan amal ibadah di dalamnya. Tidak ada beda dengan gardu di pinggir jalan, ketika masjid atau mushala tidak ada kegiatan amal kebaikan. Mulai dari shalat berjamaah, istighosah, atau pengajian,” kata Ust Samsul, sapaan karibnya.

Miris ketika melihat mulai banyak mushala atau masjid yang dibangun dengan kemegahannya, namun tak diimbangi dengan memakmurkan.

“Saat ini, sudah banyak masyarakat yang mampu dengan mudah membangun mushala atau masjid dengan megah, tapi tidak ada kepedulian dalam memakmurkannya. Minim kegiatan keislaman di dalamnya. Mohon ini jangan sampai terjadi di lingkungan kita,” pesan Ust Samsul.

Karena itu, penting kepada takmir masing-masing mushala atau masjid mengadakan kegiatan-kegiatan untuk pembekalan agama kepada jamaahnya.

“Misalnya adakan dalam pertemuan rutin pengajian kecil-kecilan. Kita undang pemateri di dalamnya untuk mengajarkan syariat-syariat islam, contoh shalat. Ini penting. Supaya amal ibadah kita memiliki faedah dan diterima. Tidak hanya rutinitas melakukan shalat sebatas gerakan tanpa ada internalisasi nilai-nilai dalam shalat yang kita lakukan,” harap Ust Samsul.

Pengajian yang diawali dengan pembacaan Surat al-Waqi’ah dan Rotibbul Haddad ini juga dihadiri langsung oleh Ketu Tanfidziyah Ahmad Thoyib beserta jajarannya. Pelaksanaan Lailatul Ijtima yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali ini melibatkan secara langsung pengurus, lembaga, Banom, serta warga NU Karangrejo setempat. (M. Sholeh Kurniawan)

Comments

comments

Check Also

Benteng Terakhir Ajaran Islam yang Membawa Rahmat Berada di Akar Rumput

Banyuwangi – Wakil Rais Syuriah Ranting NU Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi H. Abdul Nasir Basrawi menegaskan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *