Home Berita Aktual Rangkaian HSN 2020 PCNU Banyuwangi, Dari Upacara Hingga Tahlil Bareng

Rangkaian HSN 2020 PCNU Banyuwangi, Dari Upacara Hingga Tahlil Bareng

82
0

Banyuwangi, NUOB- Tahun ini Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyuwangi menghiasi Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020 dengan berbagai rangkaian kegiatan dari pagi hingga petang. Diantaranya: upacara hari santri, penyuluhan dan kesadaran hukum masyarakat di tengah Covid-19, resepsi santri dan maulid, bahtsul masail, pensi akhirussanah, podcast hari santri, hingga ditutup tahlil dan doa bareng.

“Saatnya santri menjadi pembela rakyat !” tegas Ust Sunandi Zubaidi selaku Katib Syuriah PCNU Banyuwangi saat Resepsi Hari Santri dan Maulid di aula Kantor PCNU Banyuwangi, Kamis, 22 Oktober 2020.

Dia menjelaskan, Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari telah berwasiat agar senantiasa menjaga keutuhan dan kejayaan bangsa dan NKRI. Ideologi bangsa ini tetap tidak akan berubah sampai kapanpun.

“Peranan santri sangat dibutuhkan dalam mempertahankan. Agar tak ada rong-rongan dari dalam dan luar. Sekali lagi, santri harus menjadi pembela rakyat,” ujar Gus Sunandi – sapaan karibnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan hasil bahstul masail LBM PCNU Banyuwangi. Keputusan kali ini tentang dinamika sistem khilafah, ketentuan busana saat beribadah, hingga pada kebijakan pengurus NU dalam mendukung lembaga maarif agar terus eksis.

“Pada prinsipnya pengurus masjid tidak boleh melarang orang mengikuti sholat berjamaah hanya karena soal berbusana batik ataupun lainnya (selain busana putih). Hal ini sesuai dengan rujukan yang telah dijelaskan pada kitab ihya’ ulumuddin,” terang Gus Sunandi.

Seluruh rangkaian acara HSN 2020 yang telah diselenggarakan oleh PCNU Banyuwangi berlangsung lancar dan khidmat. Masing-masing kegiatan diselenggarakan pada waktu yang berbeda di hari yang sama.

Seluruh peserta selain hadir secara langsung. Pun terlihat tak sedikit mengikuti kegiatan secara daring melalui zoom meeting ataupun siaran langsung melalui platform sosial media yang disupport oleh tim NU Online Banyuwangi.

Saat dimintai keterangan, Ketua MWC NU Kecamatan Banyuwangi KH. Akhmad Musollin mengatakan, rangkaian kegiatan HSN yang diselenggarakan oleh PCNU Banyuwangi berlangsung lancar. Seluruh kegiatan terkonsep dengan rapi.

“Secara langsung saya hadir. Ada juga sebagian pengurus lembaga dan Banom yang kami instruksikan mengikuti seluruh proses kegiatan secara online. Hari Santri adalah momentum kita semua untuk berbenah jauh lebih baik,” ungkap Ust. Musollin saat dihubungi NU Online melalui sambungan telepon. (Soleh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here