Rangsang Kewirausahaan, LPNU Banyuwangi Gelar Madrasah Rajut

Tegalsari, NUOB – Pengurus Cabang Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Banyuwangi mendorong warga nahdliyin untuk berwirausaha. Salah satunya adalah dengan menggelar Madrasah Rajut. Yaitu, sebuah pelatihan membuat kerajinan rajut aneka asesoris.
“Kita menggelar Madrasah Rajut ini untuk mendorong warga Nahdliyin di Banyuwangi memiliki ketrampilan sehingga bisa berwirausaha,” ungkap Ketua Cabang LPNU Banyuwangi Abdur Rohim kala ditemui di lokasi pelatihan, Kamis (1/11).
Foto: Ibu-ibu warga Dasri belajar merajut
Untuk Madrasah Rajut ini, digelar di Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari. Terdiri dari 10 peserta yang berasal dari ibu-ibu warga Dasri. “Kita menggandeng Mbak Fyan Novitasari sebagai salah seorang perajut Banyuwangi yang telah sukses mengembangkan usahanya,” lanjut Rohim.
Madrasah Rajut sendiri tak hanya dilakukan hanya satu kali pertemuan. Namun, dilaksanakan hingga sepuluh kali perjumpaan. “Harapannya, alumnus madrasah ini tidak hanya bisa merajut. Tapi, bisa menjadikan rajut sebagai sumber penghasilan. Jadi, kita lakukan pendampingan produksi hingga pemasarannya,” imbuh Rohim.
Lebih lanjut Rohim menyebutkan, LPNU tidak hanya menggelar Madrasah Rajut. Namun, juga menggelar kegiatan serupa sesuai dengan potensi suatu daerah. “Besok (2/11), kita akan menggelar Madrasah Anyaman di Desa Pondoknongko,” ujarnya.
Untuk pelaksanaannya sendiri, LPNU tidak berjalan sendiri. Selain melibatkan pemerintah daerah juga bersinergi dengan lembaga-lembaga lain di NU. Seperti Lembaga Kesejahteraan Keluarga Nahdlatul Ulama dan Lazisnu Banyuwangi. (ay)

Comments

comments

Check Also

Puzzle Pakde Karwo Karya Siswa SMK NU Al Futuhiyyah Curi Perhatian

BANYUWANGI, NUOB – Siswa-siswa SMK NU Al Futuhiyyah, Muncar berhasil menarik perhatian Gubernur Jawa timur, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *