Home / Berita Aktual / Ratusan Warga Nahdliyin Kecamatan Giri Ikuti Haul Gus Dur dan Harlah NU.

Ratusan Warga Nahdliyin Kecamatan Giri Ikuti Haul Gus Dur dan Harlah NU.

Giri, Banyuwangi – Sebanyak lebih kurang 500 warga Nahlatul Ulama di wilayah Kecamatan Giri, Banyuwangi, dengan khusyuk mengikuti Haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ke 9 tahun dan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama ke 93 tahun.

Kegiatan yang dipusatkan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahlatul Ulama ( MWCNU) Giri ini, diawali dengan pembacaan tahlil dan istighosah yang dipimpin oleh Mustasyar MWCNU Giri KH Mursyidi As’ari.

Ketua Panitia Harla NU ke 93 dan Haul Gus Dur ke 9, KH Imam Baihaqi mengatakan, kegitan ini merupakan wujud rasa syukur dan terimakasih warga NU kepada jasa-jasa para pendiri NU seperti KH Abdurrahman Wahid, dan Hadratus syeh KH Hasyim As’ari.

“Selain itu, ini merupakan bentuk syiar ajaran ahlussunah wal jamaah kepada warga nahdliyin di Kecamatan Giri. Untuk itu, saya sangat berterimakasih atas kehadiran warga NU dalam acara Haul para pendiri NU ini,”kata KH Imam Baihaqi hari ini Ahad (3/03) di Giri.

Gus Aqiq sapaan akrab KH Imam Baihaqi mengingatkan kepada warga NU di Kecamatan Giri, bahwa MWCNU Giri sedang melaksanakan pembangunan gedung yang saat ini sudah rampung 50 persen. Sehingga untuk merampungkan pembangunan gedung ini butuh partisipasi warga NU di Kecamatan Giri.

“Jika partisipasi warga NU Giri ada maka pembangunan NU yang tinggal 50 persen ini akan selesai lebih cepat,” tegas Gus Aqiq

Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdaltul Ulama ( MWCNU) Giri, Ahmad Sholihin mengatakan, terlaksananya kegiatan Haul Gus Dur dan Harlah NU ini berkat kekompakan warga NU dan Badan Otonom, sehingga pelaksanaan berlangsung cukup khusyuk dan meriah.

“Jika semuanya kompak pasti akan berjalan lancar. Dan saya harap kekompakan ini bisa berlangsung terus. Sehingga NU di Kecamatan Giri tetap istiqomah mengajarkan ahlusunnah wal jamaah,” kata Ahmad Sholihin.

Ahamd Sholin juga mengharapkan kekompakan pengurus NU mulai pengurus harian hingga banom, dan lembaga untuk tetap menjalankan roda organisasi sesuai tupoksinya masing-masing.

” Apabila semua pengurus NU kompak, maka NU Giri akan bermanfaat bagi masyarakat di Kecamatan Giri,” tutur Ahmad Sholihin.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini mengharapkan, warga NU bisa meniru ahlak KH Abdurrahman Wahid. Karena, Gus Dur sangat mengayomi warga yang lemah. Dan Gus Dur selalu memberikan perhatian lebih kepada seluruh warga NU tanpa pandang bulu.

“Perjuangan Gus Dur untuk NU sangat luar biasa. Untuk itu, kita harus menirunya. Gus Dur selalu mengayomi kaum lemah. Sehingga Gus Dur selalu dicintai masyarakat terutama warga Nahdliyin,” kata Gus Makki sapaan karib Kiai Ali Makki Zaini.

Gus Makki, juga menghimbau di musim politik ini warga NU harus bisa mengontrol diri, karena saat ini banyak sekali berita hoax atau berita bohong yang sengaja mengadu domba NU.

“Untuk itu, warga NU tidak boleh terpancing dengan hal-hal semacam itu. Karena, jika kita respon maka merugikan diri sendiri. Karena di NU jelas tidak berpolitik praktis. Namun jangan lupa warga NU juga mempunyai hak politik. Pilihlah sesuai kenginan kita,” tegas Gus Makki.

Di akhir acara dilakukan deklarasi anti hoax dan pemilu damai yang juga diikuti oleh aparat kepolisian, TNI, Pemerintah Kecamatan Giri dan seluruh warga nahdliyin se-Kecamatan Giri. Hal itu bertujuan untuk menciptakan pemilu damai. (Hermawan/sholeh)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Tahun ini Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Hadiri Acara Maulid Nabi di Karangrejo

Banyuwangi – Tiap tahun Pengurus Ranting NU Karangrejo melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *