Relawan LKKNU Dibekali Ilmu Jurnalistik

Genteng, NUOB – Sebanyak 18 relawan Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) ahad (6/1) mengikuti pelatihan jurnalistik. Acara yang dilangsungkan di ruang B3 IAI Ibrahimy Genteng ini menghadirkan Jurnalis Radar Banyuwangi, Shulhan Hadi.

Dalam kesempatan tersebut peserta pelatihan diberi penjelasan terkait jurnalistik dasar, contoh produk jurnalistik dan etika kepenulisan. Selain itu, untuk melatih membuat berita yang memenuhi unsur jurnalistik. Pemateri menekankan untuk tidak menghapus kalimat yang telah ditulis hingga selesai.

“Kalau menulis dan kurang bagus tulis lagi tanpa menghapus, diedit di akhir,” ucapnya.

Tidka hanya kalangan mahasiswa, salah satu peserta merupakan seorang PNS guru yang berasal dari Tegaldlimo. Perempuan yang berprofesi sebagai guru bahasa Indonesia ini tertarik ikut pelatihan untuk memadukan dengan pelajaran bahasa di sekolah tempatnya mengajar.

“Di sekolah itu anak-anak kan juga ada jurnalistik,” terangnya.

Selebihnya, beberapa peserta tampak antusias dikarenakan memang memiliki cita-cita menjadi wartawan. Hal itu diungkapkan Azka, di samping menjadi wartawan, menurutnya dengan ilmu jurnalistik ini, diirnya bisa ikut menggerakkan aksi sosial di berbagai tempat di Banyuwangi.

‘’ Saya tertarik karena punya niatan untuk menjadi seorang wartawan,” ujar Azka.

Sementara itu, pihak pengurus LKKNU yang diwakili Silvia Ulfa Hidayati, selaku bendahara menyebutkan pelatihan ini bertujuan untuk mengumpulkan dan mencari volunteer LKKNU di bidang jurnalistik. Selanjutnya mereka diharapkan bisa untuk ikut serta dalam mencari maupun meliput berita mengenai masyarakat. Dan selanjutnya bisa disinergikan dengan program kerja LKKNU.

‘’Liputan mereka mengenai kondisi masyarakat bisa menjadi acuan LKKNU Banyuwangi.” terangnya. (rel/jo)

Comments

comments

Check Also

Benteng Terakhir Ajaran Islam yang Membawa Rahmat Berada di Akar Rumput

Banyuwangi – Wakil Rais Syuriah Ranting NU Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi H. Abdul Nasir Basrawi menegaskan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *