Home / Berita Aktual / Safari Ramadhan, Momentum Tegakkan Ideologi Kebangsaan dan Keaswajaan Umat

Safari Ramadhan, Momentum Tegakkan Ideologi Kebangsaan dan Keaswajaan Umat

Banyuwangi – Maraknya doktrin ideologi yang mengancam kebangsaan dan toleransi umat. Tahun ini, MWC NU Kecamatan Banyuwangi kembali menggelar safari ramadhan di beberapa mushala atau masjid se-wilayah Kecamatan Banyuwangi.

Acara yang rutin dihadiri langsung oleh Ketua Tanfidziyah Kh. Akhmad Mushollin beserta jajaran, Rais Syuriah Kh. Ahmad Shiddiq beserta jajaran, lembaga, dan Banom, pada Sabtu (11/05) safari ini bertempat di Mushala Nur Hidayah, Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

Saat sambutan, Kh. Akhmad Mushollin menjelaskan kegiatan safari ramadhan ini momentum tepat tegakkan ideologi kebangsaan dan keaswajaan kepada umat.

“Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi sebagai bentuk laporan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh MWC NU Kecamatan Banyuwangi kepada umat. Alhamdulillah antusias masyarakat tak pernah lekang,” terangnya.

Misalkan Lembaga Lazisnu pada kegiatan ini memberikan laporan-laporan progres nya. Dari bagaimana dana umat dikumpulkan sampai pentasarufan.

“Di momen khusus, kegiatan ini juga sebagai ajang konsolidasi pengurus internal. Untuk evaluasi kegiatan-kegiatan,” jelasnya.

Sementara Kh. Ahmad Shiddiq saat sambutan mengingatkan masyarakat untuk terus merawat kultural amaliyah NU, dari kegiatan istighosah sampai tahlil bersama.

“Tidak ada dosa ataupun bidah dalam pelaksanaan amaliyah NU. Karena itu, monggo bersama-sama kita rawat amaliyah dari kiai-kiai sepuh ini dengan maksimal,” terang pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwari, Kertosari, Banyuwangi.

Dia menilai atas tragedi di Timur Tengah bisa terjadi karena tak adanya amaliyah yang mampu menyatukan umat untuk bertemu dan saling silaturahmi. “Tidak adanya tahlil dan istighosah di sana. Sehingga komunikasi dan kekompakan tidak berjalan dengan baik dan maksimal. Ayo kita lestarikan budaya amaliyah ini,” pinta Gus Shiddiq sapaan karibnya.

Pada akhir acara juga dilaksanakan prosesi pemberian SK Upzis Lazisnu MWC NU Kecamatan Banyuwangi disaksikan langsung oleh ratusan jamaah yang hadir. Juga dilaksanakan pula prosesi foto bersama antar pengurus MWC NU dengan Pengurus Takmir Mushala setempat. (Sholeh)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Tahun ini Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Hadiri Acara Maulid Nabi di Karangrejo

Banyuwangi – Tiap tahun Pengurus Ranting NU Karangrejo melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *