Home / Berita Aktual / Sambut Hari Santri, LFNU Banyuwangi Gelar Madrasah Falakiyah Bagi Asatidz Pesantren

Sambut Hari Santri, LFNU Banyuwangi Gelar Madrasah Falakiyah Bagi Asatidz Pesantren

Banyuwangi, NUOB – Dalam rangka mempersiapkan generasi penerus yang menguasai ilmu falak, Pengurus Cabang Lembaga Falakiyah (LFNU) bekerjasama dengan Robithoh Ma’ahid Islamiyah (RMINU) Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi menggelar Madrasah Falakiyah yang diikuti oleh para ustadz-ustadzah Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah se-Kabupaten Banyuwangi, Ahad, 13 Oktober 2019 di Pondok Pesantren Al Azhar tugung Sempu.

Ketua Pengurus Cabang LFNU Banyuwangi, Ghufron Musthofa menyampaikan bahwa ini kegiatan ini juga merupakan rangkaian persiapan memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada Tanggal 22 Oktober nanti.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Tahun 2019 dan juga untuk mempersiapkan para ustadz-ustadzah dan santri-santri milenial untuk menghadapi zaman revolusi industri 4.0 agar ilmu Falak tetap terus berkembang di bumi Blambangan ini”, Ujar Gus Gufron, sapaan akrabnya.

Praktek Menentukan Arah Kiblat oleh Tim Pelatihan LFNU Banyuwangi

Gus Ghufron juga menyampaikan bahwa tujuan acara ini digelar untuk menyebarkan ilmu Falak kepada seluruh pesantren yang ada di Banyuwangi. Usaha ini merupakan awal ikhtiar lembaga untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman tentang hisab kepada ustadz ustadzah khususnya di pesantren-pesantren dengan cara mudah menggunakan gadget android. Karena pada saat ini tidak semua Pesantren ada pelajaran khusus tentang falak sehingga dengan adanya media pembelajaran ini Madrasah falakiyah santri tidak kehilangan rantai sanad ilmu falak.

Materi Madrasah falakiyah pada hari ini adalah menghitung arah kiblat menggunakan metode kalkulator dan rubu’ mujayyab disampaikan oleh sekretaris lfnu Banyuwangi Tsamratul Fikri.

Dalam pengantar materi, Fikri menyampaikan bahwa pada saat ini metode kalkulator adalah metode yang paling mudah untuk mempelajari ilmu Falak karena lebih cepat memahami dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Metode perhitungan menggunakan kalkulator android dikombinasikan dengan rubu’ mujayyab agar para ustadz dan santri tidak kesulitan memahami ribu’ mujayab.

Kegiatan ini dibuka oleh pengasuh Pondok Pesantren Al Azhar, Kyai Ali Zubaidi. Beliau juga adalah salah satu pengurus Lajnah Falakiyah pertama tahun 1996 yang dibentuk oleh PCNU pada saat kepengurusan Haji Abdurrahman sebagai Ketua Tanfidziyah dan KH. Zarkasyi Kebunrejo sebagai Rais Syuriyah.

Dalam sambutannya Kyai Ali Zubaidi menyampaikan bahwa mempelajari ilmu Falak adalah kewajiban bagi orang Islam karena ilmu ini berkaitan erat dengan pelaksanaan syariat agama Islam yaitu shalat, puasa, haji dan ibadah ibadah lainnya.

Disamping itu, ilmu ini harus tetap berkembang khususnya dikalangan pesantren karena ilmu ini dikhawatirkan kekurangan generasi penerusnya. beliau menyampaikan bahwasanya jangan sampai para ustadz ustadzah santri tidak memahami ilmu Falak dan Justru orang diluar Islam yang memahami ilmu ini, karena akan membuat orang Islam bergantung kepada yang lain.

Namun beliau merasa optimis karena peserta Madrasah falakiyah kali ini didominasi oleh ustadz ustadzah yang masih belia usianya, sehingga bisa memungkinkan ilmu Falak ini akan tetap eksis di kalangan Pesantren se Banyuwangi.

“Pesertanya sekitar 50 an, dan ada empat ustadzah pesantren. Hal pertama kali peserta pelatihan falak diikuti oleh ustadzah, semoga kelak peserta wanitanya bertambah”, Ujar Kyai Zubaidi.

“Semoga kedepan dapat diteruskan madrasah falakiyah dengan tema dan materi yang lebih advance, sehingga para ustadz ustadzah dapat menyerap ilmu falak lebih banyak lagi”, harapnya. (nuob)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Tahun ini Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Hadiri Acara Maulid Nabi di Karangrejo

Banyuwangi – Tiap tahun Pengurus Ranting NU Karangrejo melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *