Home / Kabar Nahdliyin / Sambut Idul Adha, Santri Pesantren Full Day Sunan Ampel Gelar Takbir Keliling

Sambut Idul Adha, Santri Pesantren Full Day Sunan Ampel Gelar Takbir Keliling

Bangorejo, NUOB – Ribuan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah dan santri pondok pesantren Full Day Sunan Ampel memeriahkan malam hari raya dengan menggelar takbir keliling yang digelar panitia hari besar islam (PHBI) KKM MI Lembaga Pendidikan Ma’arif, Sabtu (10/8) malam.

Pemerintah Indonesia menetapkan 10 Dzulhijjah atau hari Raya Idul Adha Sabtu, 10 Agustus 2019. Penetapan hari raya qurban disambut suka cita kaum Muslimin di seluruh penjuru daerah

H. Sujoko selaku Sekretaris Camat Kecamatan Bangorejo secara resmi memberangkatkan rombongan takbir keliling dari halaman pondok pesantren Full Day Sunan Ampel Bangorejo.

Dalam sambutannya sekcam Bangorejo mengucapkan terima kasih kepada pengasuh pondok pesantren telah berkenan menjadi start pemberangkatan takbir keliling. Kemudian sekcam merasa bangga kepada seluruh siswa siswi madrasah ibtidaiyah se kecamatan Bangorejo yang telah memprakarsai adanya takbir keliling, tradisi ini jangan sampai punah di anak-anak kita.

Jaga ketertiban, kenyamanan selama dalam perjalanan, terus lantunkan takbir.

Dari halaman pondok pesantren rombongan menempuh jarak sejauh _+ 2 km menuju brak perempatan Desa Sambimulyo takbir keliling berakhir pada pukul 23.00.

Takbir keliling yang dilaksanakan merupakan agenda tahunan KKM MI se kecamatan Bangorejo juga dalam rangka mensyiarkan agama Islam kepada masyarakat luas.

“Misi kami yang pertama jelas untuk menguatkan syiar Islam, khususnya di kecamatan Bangorejo ini. Selanjutnya dalam rangka menjaga dan melanjutkan tradisi tahun-tahun sebelumnya dengan menghadirkan takbir keliling,” jelas Supriyanto, Ketua MWC Lembaga Ma’arif kecamatan Bangorejo kepada NU Online.

Takbir keliling ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang populer di kecamatan Bangorejo. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya puluhan mobil sound system yang mengiringi dan kehadiran ribuan massa dari sekitar Bangorejo yang tumpah ruah di sepanjang jalan untuk menyaksikan lomba. Kebanyakan dari mereka juga tampak mengabadikan kemeriahan lomba dengan menggunakan kamera telepon pintarnya.

Sambil terus melafalkan kalimah takbir, tahmid, dan tahlil, peserta juga mengusung aneka kreasi bertema religi seperti miniatur masjid, ka’bah, Al-Qur’an, hewan kurban, seribu onjor dan lain-lain. Keberadaan aneka lampu hias lampion semakin menambah cantik penampilan.

Dari pantauan media ini di lokasi, satuan keamanan pesantren full day dibantu puluhan anggota Banser, Linmas personel kepolisian Polsek, dan Koramil Bangorejo tampak siaga di sepanjang jalur yang dilalui peserta. Pihak keamanan melakukan sistem buka tutup kendaraan pada jalur dari arah Bangorejo menuju Jajag. (Yasin/nuob)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

PAC IPNU IPPNU Muncar Gelar Pengajian Aswaja

Muncar, Banyuwangi – PAC IPNU IPPNU Kecamatan Muncar menggelar kegiatan pengajian Aswaja di dusun Sukosari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *