Sikapi Isu Aktual, Lakpesdam Luncurkan BIC

Ketua Lakpesdam PC NU Banyuwangi, Zainal Musthofa saat menyampaikan pandangan dalam forum Banyuwangi Intelectual Club (BIC) pada Ahad (9/9) di aula kantor PC NU Banyuwangi.

Banyuwangi, NUOB- Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya (Lakpesdam) PC NU Banyuwangi meluncurkan program Banyuwangi Intellectual Club (BIC). Forum ini digelar untuk membahas persoalan terkini yang terjadi di Banyuwangi dari berbagai aspek.

Dalam kesempatan perdana yang diselenggarakan pada Ahad kemarin. Lakpesdam secara khusus membahas kasus yang melibatkan Satumin, warga Desa Bayu, Kecamatan Songgon atas dugaan pelanggaran dalam urusan di bidang kehutanan. Dalam pembahasan tersebut, semua stakeholder dari pihak berperkara dan pihak pemerhati dihadirkan. “Hari ini gawe pertama kita untuk BIC,”ucap Ketua Lakpesdam PC NU Banyuwangi Zainal Musthofa.

Pria yang juga pendatang baru dalam kancah politik Banyuwangi ini menegaskan, BIC merupakan komitmen NU untuk menampung dan meninjau semua persoalan yang mencuat di masyarakat, Lakpesdam akan menelaah hal itu dari berbagai aspek yang relevan. Salah satu aspek  yang akan menjadi acuan  adalah tradisi–tradisi yang kini ada di dalam NU. Seperti dalam hal tinjaun hukum yang menimpa Satumin, NU sengaja melibatkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) NU dan tim dari Lembaga Bahsul Masail untuk melihat persoalan ini dari berbagai sisi. “Ini akan kita laksanakan setiap bulan, isu apa saja. Kita ingin hadir memberi manfaat,”ucapnya.

Ke depan, isu yang menjadi bahasan BIC tidak melulu pada persoalan yang bersifat konflik, namun juga bisa menyangkut potensi di berbagai sektor, baik budaya sosisal maupun kesehatan dan pendidikan.”Kita menerima masukan, apa yang layak kita bahas dan bermanfaat,”cetusnya. (*)

Comments

comments

Check Also

Komunitas Pegon Tuai Pujian Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Yogyakarta, NUOB – Kehadiran Komunitas Pegon dalam Muktamar Pemikiran Santri Nusantara di PP. Al-Munawir, Yogyakarta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *