Tahun ini, Banyuwangi Berangkatkan 1080 Jamaah Haji

Banyuwangi, NUOB – Jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi, Senin malam (16/7) di depan Kantor Bupati Banyuwangi. Mereka berangkat menuju asrama haji Sukolilo untuk selanjutnya diterbangkan menuju Madinah Al Mukaromah.

Gerimis kecil-kecil menambah suasana haru saat pemberangkatan1080 jamaah calon haji (JCH) Banyuwangi. Calon tamu Allah itu diberangkatkan di depan kantor Pemkab banyuwangi pukul 21.00 WIB dengan menggunakan 18 bus. Selain dihadiri oleh Bupati Abdullah Azwar Anas dan jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), juga dihadiri oleh tokoh masyarakat. Termasuk Ketua NU Banyuwangi H. M. Ali Makki.

“Semoga semua jamaah diberi kesehatan bisa melaksanakan semua rukun haji dengan sempurna dan kembali ke tanah air dengan selamat. Kami juga titip doa, di setiap tempat-tempat yang mustajabah tolong doakan Banyuwangi untuk selalu aman, sejahtera dan dijauhkan dari segala bencana,” kata Bupati Anas saat melepas kepergian jamaah.

 

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyuwangi, Slamet, menambahkan JCH Banyuwangi tahun 2018 ini jumlahnya 1080 JCH tergabung dalam tiga kloter. “Kloter 3 dan 4, berangkat Senin malam, sedangkan kloter 5 baru Selasa pagi,” jelas Slamet yang juga jajaran wakil ketua PCNU Banyuwangi itu.

Dari 1080 JCH yang berangkat, tercatat peserta dengan usia tertua, Mastur Bin Baderi (81) asal Dusun Mulyorejo, Desa Ringinrejo, Kecamatan Gambiran. Satu JCH termuda, Anisatul Farida Binti Mansur Manan (21), dari Desa Ringintelu, Kecamatan Bangorejo.

Para JCH ini, akan dipandu oleh 14 orang petugas, yang terdiri antara lain Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan petugas medis.

“Para JCH asal Banyuwangi masuk ke gelombang pertama. Sehingga jadwalnya mereka awal tiba, di Madinah. Setiba di madinah mereka akan melaksanakan arbain selama 8 hari dan selanjutnya mereka akan menuju Mekkah. Mereka juga dijadwalkan kembali ke tanah air 29 Agustus 2018, dari Jeddah menuju Surabaya,” pungkas Slamet. (ay)

Comments

comments

Check Also

Upacara Kemerdekaan, IPNU-IPPNU Bangorejo Tampilkan Drama Kolosal

Bangorejo, NUOB- Dalam upacara Kemerdekaan Indonesia ke 73 Kecamatan Bangorejo, Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Bangorejo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *