Home Kabar Nahdliyin Tari Rodat Syi’iran Juara 2 Lomba Perkemahan IPNU IPPNU Jawa Timur

Tari Rodat Syi’iran Juara 2 Lomba Perkemahan IPNU IPPNU Jawa Timur

18
0
Foto: Nana (tengah) membawa sertifikat juara

Purwoharjo, NUOB – Prestasi gemilang diraih Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Banyuwangi dalam perkemahan Pelajar Hijau tingkat Jawa Timur. Dalam acara yang digelar di bumi perkemahan Desa/Kecamatan Tosari, Pasuruan yang berakhir 30 November 2016 ini, mereka berhasil menyabet juara 2 lomba kesenian.

“Tari kreasi Islami, Rodat Syi’iran asal Kabupaten Banyuwangi, yang dibawakan 6 personil dan 1 narator, berhasil meraih juara 2,” ucap Ketua IPNU Banyuwangi, Yahya Muzakki, Rabu (30/11/2016).

Salah satu penari, Nana, mengaku tidak pernah menyangka bakal menjadi salah satu juara. Karena waktu latihan sangat pendek. Hanya beberapa hari jelang acara. Namun, karena memang memiliki bakat menari, gerakan demi gerakan bisa terekam memori dengan cepat.

“Tapi saat tampil, awalnya juga deg-degan, baru setelah beberapa menit bisa lepas,” katanya.

Walau hanya berada diposisi kedua, siswi SMA PGRI Purwoharjo, tetap merasa senang. Bukan karena hadiahnya, tapi sebuah kebanggaan bisa mengenalkan budaya Bumi Blambangan didahapan kader IPNU IPPNU se Jawa Timur.

“Prestasi ini kami persembahkan untuk semuanya,” pungkasnya.

Perkemahan Pelajar Hijau ini diikuti oleh ratusan Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) dari Dewan Koordinasi Cabang (DKC) CBP IPNU dan KPP IPPNU se Jawa Timur. Selain lomba tari, disini juga digeber lomba memasak, pioneering dan photoshot.

Lantaran cuaca tidak bersahabat, yang rencana awal Panitia Pelaksana untuk menggelar upacara pembukaan tingkat Jawa Timur di Bumi Perkemahan Tosari Kabupaten Pasuruan (arah Bromo), dipindahkan ke Balai Desa Tosari, Jumat (11/11).

Perkemahan yang berlangsung tiga hari, mulai hari Jumat sampai Ahad tersebut, diikuti oleh ratusan Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) dari Dewan Koordinasi Cabang (DKC) CBP IPNU dan KPP IPPNU se-Jawa Timur.

Guna memeriahkan kegiatan Kemah Pelajar Hijau, berbagai kompetisi dalam bentuk perlombaan pun diadakan, seperti Lomba Memasak, Pioneering, Photoshot dan Pentas Seni di malam terakhirnya.

Di Lomba Pentas Seni, delegasi KPP IPPNU Banyuwangi berhasil menyabet juara 2 dengan membawakan Tari Rodat Syi’iran asal Kabupaten Banyuwangi. Berjumlah 6 personil dengan 1 narator, mereka membawakan tari yang biasa disebut Tari Kreasi Islami tersebut dengan penuh semangat dan percaya diri.

Nana, salah satu penari, mengungkapkan, awalnya ndredeg saat baru masuk di atas panggung. Tapi, setelah beberapa menit rasa ndredeg itu hilang.

“Sempat tidak menyangka akan membawa piala ini. Karena waktu untuk latihan sangat pendek.” kata Nana sepulang dari kegiatan tersebut.

Nana menambahkan dengan mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pembina dan pendamping yang sejak awal telah membimbing sampai akhir kegiatan.

“Prestasi ini kami persembahkan untuk semuanya.” tambah siswi yang duduk di bangku SMA PGRI Purwoharjo tersebut (Awang/Dir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here