Tiga Doa Jibril yang Diamini Langsung Oleh Nabi Muhammad SAW

Banyuwangi, NUOB– Menjelang bulan suci Ramadhan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi menggelar doa bersama di Aula dinas setempat. Selasa (15/5) pagi.

Hadir Kepala dinas Alief Rachman Kartiono beserta jajarannya.Tahun ini didapuk sebagai pembicara Ust. Andik Hidayat.

Dalam pengajiannya Ust Andik – sapaan karib Ust Andik Hidayat menegaskan, tiga doa yang dipanjatkan oleh Malaikat Jibril yang diamini langsung oleh Nabi Muhammad SAW menjelang bulan suci Ramadhan saat menaiki tangga mimbar.

Ia mengatakan, yang pertama adalah, jangan diterima amal ibadah puasa seorang anak yang berani terhadap orang tuanya, sebelum meminta maaf.

“Barang pasti kasih orang tua kepada anak tak terhingga sepanjang masa. Sedangkan kasih anak kepada orang tua hanya sepanjang galah. Diketahui pula bahwasannya makna dari orang tua ini bukan hanya yang melahirkan kita ke bumi,” terang Ust Andik di hadapan puluhan staf dinas yang hadir.

“Orang tua, termasuk siapakah yang mendidik dan mengajarkan ilmu kepada kita semua (guru). Dan prang tua yang melahirkan suami atau istri kita (mertua),” sambungnya.

Doa yang kedua, urai Ust. Andik, jangan diterima amal ibadahnya seorang istri yang berani kepada suaminya, sebelum saling memaafkan.

“Ini sudah jelas. Karena suami adalah imam bagi seorang istri. Saking dianjurkannya seorang istri menghormati seorang suaminya, hadits yang diriwayatkan at-Tirmidzi menegaskan ‘Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain, tentu aku akan perintahkan seorang istri untuk sujud kepada suaminya’, terang Ust asal Rogojampi ini.

Selanjutnya, doa yang terakhir adalah jangan diterima amal ibadah puasa seseorang yang mendholimi tetangga sekitarnya, sebelum mereka meminta maaf terhadap yang didholimi. “Karena itu, kita harus lebih hati-hati dalam bersikap dan bersosial terhadap sesama,” ketua PAC GP Ansor Kecamatan Rogojampi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama kepala dinas Alief Rachman Kartiono menambahkan, semoga tausiah yang disampaikan tadi memberikan motivasi untuk peningkatan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan nanti.

“Juga mohon kami semua didoakan, semoga segala pekerjaan dan tanggungjawab kita semua diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam penyelesaian. Juga keluarga kita senantiasa dilindungi dan diberikan kesehatan. Amiin,” harap Alief – sapaan karib Alief Rachman Kartiono.

Dalam pembukaan acara juga dilangsungkan dengan santunan kepada puluhan anak yatim. Pemberian dilakukan secara bergantian yang diawali oleh kepala dinas, dilanjutkan Ust. Andik Hidayat, disusul dengan para kepala bidang. (Soleh/Noe)

Comments

comments

Check Also

Lazisnu Banyuwangi Sambangi Penambang Belerang Desa Plampang

Banyuwangi, NUOB – Kawah di Gunung Ijen ini tak hanya menyimpan keindahan alam, tapi juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *