Home / Berita Aktual / Warga Nahdliyin Giri Gelar Sholat Ghaib Untuk Mbah Maimun Zubair

Warga Nahdliyin Giri Gelar Sholat Ghaib Untuk Mbah Maimun Zubair

 

Giri, NUOB- Warga Nahdliyyin di Kecamatan Giri, Banyuwangi, Senin Siang (6/8/2019) kemarin menggelar salat ghaib atas wafatnya Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Maimoen Zubair di Makkah Saudi Arabia. Pelaksanaan salat ini menyebar di masjid dan sekolah di bawah naungan Nahdaltul Ulama di Kecamatan Giri.

Di antara lokasi salat itu meliputi Masjid Baitul Qudus Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopangung, dipimpin Imam Masjid Baitul Qutus, Ustad Muhammad Mukarom. Kegiatan itu dilakukan usai salat zuhur berjamaah dan diikuti semu jamaah secara khusuk.

Di Madrasah Tsanwiyah Darul Huda Penataban, dan SMP Sunan Giri Grogol, puluhan siswa juga diajak untuk sholat ghaib. Puluhan siswa tersebut nampak khusuk dan ikhlas mendoakan salah satu tokoh bangsa Indonesia tersebut.

Sejumlah sekolah Negeri di wilayah Kecamatan Giri, juga ikut menggelar sholat goib untuk KH. Maimun Zabair. Seperti di SMK Negeri 1 Banyuwangi, para siswa bersama dewan guru menggelar salat ghaib.

Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang (MWC NU) Giri Ahmad Sholihin mengatakan, salat ghaib tersebut merupakan intruksi langsung dari Pengurus Cabang Nahlatul Ulama Banyuwangi untuk Mustasyar PBNU KH. Maimun Zubair yang wafat di Mekah.

“Kita warga NU merasa kehilangan dengan kepergian KH. Maimun Zubair. Untuk itu sebagai bentuk penghormatan terakhir kepadanya kita melakukan salat ghaib untuk mendoakan beliunya. Smoga KH. Maimun Zubair khusnul hotimah,” kata Sholihin.

Sholihin menghimbau bagi masyarakat NU di wilayah Kecamatan Giri yang belum sempat menggelar salat ghaib untuk KH. Maimun Zubair untuk bisa melaksanakan salat ghaib baik di masjid, musholah, sekolah maupun di rumah.

KH. Maimun Zubair wafat pada usia 90 tahun. Ulama yang akrab disapa Mbah Moen lahir pada 28 Oktober 1928. Masih terhitung keturunan ke-14 Maulana Ainul Yaqin (Sunan Giri) melalui jalur Panembahan Kulon. Sedangkan Maulana Ainul Yaqin merupakan putra dari Maulana Ishaq dengan Dewi Sekardadu (putri Blambangan) (Hermawan/Joy)

Comments

comments

About pcnubwi

Situs Resmi PCNU Banyuwangi

Check Also

Santap Bersama Opor Ayam Kalkun, Tanda Peresmian Kantor Baru Pelayanan Bantuan LAZISNU Banyuwangi

Banyuwangi – Jalan Kepundungan No 9, Kecamatan Srono, Ahad (10/11/2019) mendadak ramai hiruk-pikuk tamu undangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *