• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Senin, 30 Januari 2023

Badan Otonom

IPNU IPPNU

Gerak Cepat, PR IPNU dan IPPNU Pondoknongko Gelar Pelantikan dan Makesta

Gerak Cepat, PR IPNU dan IPPNU Pondoknongko Gelar Pelantikan dan Makesta
PR IPNU dan IPPNU Desa Pondoknongko adakan pelantikan pengurus baru sekaligus Makesta.
PR IPNU dan IPPNU Desa Pondoknongko adakan pelantikan pengurus baru sekaligus Makesta.

NUOB, Banyuwangi 
Bak peribahasa "Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui", Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Pondoknongko adakan pelantikan pengurus baru sekaligus Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) pada Sabtu (10/12/2022).

Acara yang mengangkat tema "Terbinanya Anggota yang Aktif dan Progresif yang Berlandaskan Ahlussunah Wal Jamaah" ini bertempat di TK Khodijah 129 dan MI Miftahul Huda Pondoknongko.

Pada Sabtu siang, acara diawali dengan registrasi peserta dan seremoni pembukaan. Dalam sesi pembukaan ini, turut hadir Ketua Tanfidiyah Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pondoknongko beserta jajaran badan otonomnya, yaitu Muslimat, GP Ansor, dan Fatayat –yang diwakili oleh delegasinya masing-masing. Selain itu, hadir pula Ketua PAC IPNU dan Ketua PAC IPPNU Kecamatan Kabat yang pada acara kali ini, selain sebagai tamu undangan, mereka berdua juga akan melantik langsung pengurus baru PR IPNU dan IPPNU Pondoknongko nantinya.

Berdasarkan hasil Rapat Anggota pada Minggu (07/11/2021) lalu, telah terpilih Ketua IPNU dan IPPNU Pondoknongko periode 2021-2023, yaitu Ahmad Muhaimin dan Nur Imamah. Dalam sambutannya, Ketua Tanfidiyah PRNU Pondoknongko, Ust. Kholik, mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik.

"Selamat dan tetap semangat berproses dalam IPNU dan IPPNU," ujarnya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada para peserta yang akan mengikuti Makesta kali ini untuk mengikuti materi dengan baik sebagai proses belajar dan syarat menjadi anggota resmi IPNU maupun IPPNU.

Setelah pembukaan dan pelantikan pengurus baru, rangkaian acara Makesta berlanjut. Sesuai rundown acara, ada enam materi yang akan diterima peserta, yaitu KeAswajaan, KeNUan, KeIndonesiaan, KeIPNU-IPPNUan, Keorganisasian, dan Kepemimpinan.

Selama acara berlangsung hingga tidur malam, ada tiga kali jeda untuk shalat: Asar, Magrib, dan Isya' serta satu kali istirahat makan. Selain itu, tepat seusai shalat magrib, juga diadakan istigotsah yang dipimpin oleh Ust. Ahmadi.

Setelah materi usai, peserta dipersilakan untuk tidur malam. Tak lama, selang beberapa jam peserta dibangunkan untuk kembali melanjutkan rangkaian acara, yaitu pos tes dan pembaiatan. Sesi ini merupakan sesi inti yang akan menjadi tonggak awal bagi siapapun yang ingin menjalani proses panjang berkecimpung di IPNU dan IPPNU.

Setelah pos tes dan pembaiatan selesai, para peserta dipersilakan istirahat kembali sebentar dan kemudian sholat subuh berjamaah. Pada minggu pagi, masih ada beberapa rangkaian acara sebelum penutupan. Rangkaian acara pada hari itu tidak seformal hari sebelumnya, hanya diadakan senam pagi dan sarapan bersama untuk selanjutnya diakhiri penutupan.

"Meskipun banyak kendala alhamdulillah acaranya dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir, dan meskipun panitianya sedikit tapi semangatnya luar biasa" kata Arwan Mashuri, ketua panitia.

Acara yang diikuti kurang lebih 40 peserta baik dari dalam maupun luar Pondoknongko ini memang terkendala beberapa hal, selain kendala teknis, juga sempat terkendala cuaca. Namun, meski begitu kesan dari kebanyakan peserta cukup baik.

"Senang bisa mengikuti acara ini karena bisa mendapat edukasi yang sangat bermanfaat bagi kita. Keseruan juga kami rasakan terutama saat pos tes" ujarnya Miftahul Jannah. (Red/HAD)


Editor:

Badan Otonom Terbaru