• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Rabu, 17 Agustus 2022

Badan Otonom

Jalin Sinergi dengan Kemenag, PC IPNU IPPNU Tegaskan Komitmen Suksesi Komisariatisasi Sekolah Se-Banyuwangi

Jalin Sinergi dengan Kemenag, PC IPNU IPPNU Tegaskan Komitmen Suksesi Komisariatisasi Sekolah Se-Banyuwangi
PC IPNU dan IPPNU Banyuwangi bersama kepala Kemenag (Foto: NUOB)
PC IPNU dan IPPNU Banyuwangi bersama kepala Kemenag (Foto: NUOB)

Banyuwangi, NUOB 

 

Sebentar lagi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) disekolah akan segera ditutup dan akan dimulainya Tahun Ajaran Baru di bulan Juli ini. Konsolidasi digalakkan oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) kabupaten Banyuwangi untuk suksesi terbentuknya komisariat diseluruh sekolah Se-Banyuwangi.


Setelah sukses audiensi bersama PC LP Maarif NU Banyuwangi dan Kepala Sekolah SMP dan MTs sekabupaten Banyuwangi, kini Jaringan Sekolah dan Pesantren (JSP) PC IPNU dan Departemen Pengembangan Organisasi dan Komisariat (DPOK) PC IPPNU Banyuwangi kembali melanjutkan misi komisariatisasi dengan sambang ke kantor Kemenag Kabupaten Banyuwangi, Senin (04/07/2022).

 

"urgensi adanya Komisariat IPNU-IPPNU sekarang adalah kebutuhan, bahkan kebutuhan itu sudah tak dapat ditawar-tawar lagi," kata tim JSP PC IPNU Banyuwangi Abdul Gofar. 

 

Kunjungannya bersama Imam Mutaji Ketua PC IPNU Banyuwangi, Vina Yunda Safitri Tim JSP PC IPPNU Banyuwangi dan Nila Sa'adah tim DPOK PC IPPNU Banyuwangi sangat serius dalam penyampaian kepada Kepala Kemenag Banyuwangi Moh. amak Burhanuddin. 

 

"Mengingat kelompok pelajar/santri saat ini hampir tak terkendali dengan munculnya rasisme, fenomena narkoba, video porno, free sex, kenakalan remaja, bahkan fenomena anti agama. Maka adanya komisariatisasi ini menjadi solusi dari penanganan hal tersebut," tambah Gofar. 

 

Hal ini disambut baik oleh Kepala Kemenag Banyuwangi.  Dirinya juga menguatkan pentingnya Sekolah madrasah sebagai tempat pendidikan yang ideal di era sekarang. Mengingat era globalisasi yang mulai mengaburkan pandangan anak bangsa terhadap identitas jati diri bangsa sehingga penyimpangan demi penyimpangan muncul. 

 

"Di dirikannya komisariat dengan mengusung tema Moderasi beragama di Kemenag RI semoga cara pandang dan cara berperilaku anak bangsa yang dibina di Sekolah Madrasah dapat terhindar dari perilaku ekstrim dan berlebih-lebihan. Jelas kepala Kemenag itu. 

 

Sinergi antar PC IPNU IPPNU dan kepala kemenag Banyuwangi akan segera di tindak lanjuti secara tertulis melalui Kasi Penma. Sinergitas yang dibangun oleh PC IPNU dan IPPNU bersama Kemenag Banyuwangi semoga dapat menjadi langkah strategis dan solutif untuk Kemajuan pelajar Bangsa yang berkarakter di Kabupaten Banyuwangi.


Badan Otonom Terbaru