• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Selasa, 6 Desember 2022

Badan Otonom

PKPT IPNU IPPNU IAI Ibrahimy

Manfaatkan Momentum Ramadhan, Pelajar NU IAI Ibrahimy Jual Es Buah

Manfaatkan Momentum Ramadhan, Pelajar NU IAI Ibrahimy Jual Es Buah
PKPT IPNU IPPNU IAI Ibrahimy Jual Es buah di depan Klinik Amour 2 Desa Genteng Wetan. (foto: Taufiq/NUOB)
PKPT IPNU IPPNU IAI Ibrahimy Jual Es buah di depan Klinik Amour 2 Desa Genteng Wetan. (foto: Taufiq/NUOB)

Genteng, NUOB

Ramadhan tahun ini dimanfaatkan oleh Pimpinan Komistariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PKPT IPNU IPPNU) IAI Ibrahimy untuk membuka lapak jualan. Kegiatan dimulai dari 4 ramadhan hingga kini, rutin digelar setiap sore sampai menjelang adzan magrib. Kegiatan berjualan dilaksanakan di depan Klinik Amour 2 Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi.


“Kami menjual es buah yang mudah dalam pembuatannya dan banyak disukai oleh masyarakat. Selain itu, disini juga belum banyak yang menjual es buah,” tutur Agus Adi Pradana, Komandan CBP DKPT IPNU IAI Ibrahimy.


Kegiatan berjualan dijalankan secara spontan dilaksanakan dalam rangka berdiri di kaki sendiri (berdikari). Kegiatan ini mendapat dukungan dari alumni berupa bantuan dana, perizinan lokasi dan item yang dibutuhkan lainnya. Sedangkan penanggung jawab kegiatan berasal dari Anggota LUM PKPT IPNU IPPNU IAI Ibrahimy dibantu dengan pengurus lainnya.


Agus yang juga merupakan korlab dalam kegiatan ini menyampaikan, berjuaan es buah setiap harinya mengalami pasang surut. Tetapi poin utama dari kegiatan ini adalah tumbuhnya mindset entrepreneur, hal yang bisa dibangun baik ketika jualan laku habis maupun tidak terjual sama sekali.


“Setelah perjalanan naik turun dalam jualan. Akhirnya kami menemukan strategi berjualan dan diterapkan dengan skema memposting di media sosial whatssapp dan juga bisa membeli secara pre order. Sehingga jualan bisa terjual habis sebelum adzan magrib,” Jelas Agus.


Ketua PKPT IPPNU Ummi Rizka Hasanah sangat mendukung penuh kegiatan ini. Rizka berharap Organisasi PKPT IPNU IPPNU tidak hanya terpaku pada proposal saja, tetapi bisa mandiri dengan usaha yang bisa dijalankan. Tidak hanya terbatas kepada iuran anggota atau bantuan alumni, Rizka berharap inisiatif ini bisa menjadi awal untuk mendobrak kebiasaan lama menjadi lebih baik lagi kedepannya.


“kegiatan ini bisa meningkatkan kerekatan antar anggota. Koordinasi dan penguatan mental daam proses jualan es buah juga bisa menjadi bekal untuk kegiatan-kegiatan PKPT IPNU IPPNU IAI Ibrahimy kedepannya,” Pungkas Rizka.


Pewarta: Moch. Taufiq Zulmanarif


Badan Otonom Terbaru