• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Rabu, 22 Mei 2024

Badan Otonom

IPNU IPPNU

PAC IPNU IPPNU Kecamatan Banyuwangi Gelar Makesta Ramadhan

PAC IPNU IPPNU Kecamatan Banyuwangi Gelar Makesta Ramadhan
Makesta Ramadhan, PAC IPNU IPPNU Kecamatan Banyuwangi (Foto: Istimewa)
Makesta Ramadhan, PAC IPNU IPPNU Kecamatan Banyuwangi (Foto: Istimewa)

Banyuwangi, NUOB

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Banyuwangi sukses menyelenggarakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di awal Bulan suci Ramadhan. Senin, (27/3/2023).

 

Bertempat di Masjid Jami' Al-Ikhlas Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, Makesta yang diselenggarakan sedikit berbeda dengan makesta pada umumnya. Menariknya makesta kali ini dilaksanakan dengan tidak menginap. 

 

Kegiatan  dimulai sejak Ba'da Dhuhur hingga ditutup dengan sholat maghrib berjamaah dan buka bersama. Terhitung sejak tanggal 24  sampai dengan 26 Maret 2023. 

 

Makesta Ramadhan berkonsep mengajak para pelajar untuk ngalap berkah bulan ramadhan dengan bermunajat kepada Allah SWT, bersholawat, mendoakan para Sahabat Rasulullah serta Muassis Nahdlatul Ulama. 

 

Menurut Ketua PAC IPNU Banyuwangi Alif Syahilna Amir, menjelaskan bahwa ramadhan merupakan hari yang spesial. 

 

"Di bulan ini, umat Islam berlomba mencari keberkahan. Tak luput juga para pelajar. Hal tersebut yang membuat kami percaya, mengadakan agenda makesta, bisa jadi salah satunya cara mendekatkan pelajar pada agenda keagamaan versi NU," ujarnya.

 

"Dengan ibadah dan pendidikan karakter, harapannya bisa mendekatkan pelajar untuk dapat meraih kebaikan di bulan ramadhan," imbuhnya.

 

Kegiatan tersebut yg dimaksud diantaranya adalah sholat fardhu berjamaah, pembacaan sholawat Badar, istighosah dan membaca Surat Al - Waqiah menjelang Waktu Maghrib.

 

Perlu diketahui, tema yang diambil untuk Makesta Ramadhan tahun ini adalah "Lahirnya Pelajar Unggul, Berakidah ASWAJA dan Bermanfaat Bagi Masyarakat". 

 

Tema ini diambil dengan maksud mengejawantahkan pemahaman nilai-nilai Aswaja dan implementasi trilogi pendidikan Ki Hajar Dewantara untuk kebermanfaatan pelajar di dunia masyarakat.

 

"Anggota IPNU dan IPPNU harus siap mengisi ruang dan berdampak manfaat untuk masyarakat, sesuai dengan kapasitas keilmuan serta diimbangi dengan akidah ASWAJA," kataTeguh Kurniawan selaku ketua panitia. 

 

Adapun materi Pendidikan dalam agenda Makesta dintaranya adalah nilai-nilai Nahdlatul Ulama, penanaman nilai Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdiyyah, KeIndonesiaan, IPNU dan IPPNU, serta penguatan pemahaman organisasi dan implementasi Kepemimpinan di Masyarkat. (Jarkom IPNU IPPNU Kecamatan Banyuwangi)


Editor:

Badan Otonom Terbaru