• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Rabu, 22 Mei 2024

Badan Otonom

IPNU IPPNU

PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Banyuwangi Gelar RTL selama Bulan Ramadhan

PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Banyuwangi Gelar RTL selama Bulan Ramadhan
Kader IPNU-IPPNU Kecamatan Banyuwangi menggelar RTL selamaa bulan ramadhan/ foto: media IPNU-IPPNU
Kader IPNU-IPPNU Kecamatan Banyuwangi menggelar RTL selamaa bulan ramadhan/ foto: media IPNU-IPPNU

NUOB, Banyuwangi 
Sukses Mengadakan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA), Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Banyuwangi langsung gelar agenda Rencana Tindak Lanjut (RTL) selama bulan suci ramadhan.

Rencana tindak Lanjut ialah agenda yang diselenggarakan untuk memupuk rasa kecintaan kepada organisasi. RTL bertujuan untuk membawa anggota baru untuk lebih paham mengenai fungsinya sebagai anggota IPNU dan IPPNU.

Menurut Ningrum Anggraini, Ketua PAC IPPNU Kecamatan Banyuwangi, "berproses di IPNU dan IPPNU tidak hanya selesai pada agenda Makesta saja, tapi harus juga memahami makna anggota untuk merajut ukhwah insaniyah, ukhwah wathoniyah, ukhwah islamiyyah dan ukhuwwah nahdliyyah dan di RTL adalah salah satu caranya." ujarnya kepada tim NUOB Banyuwangi, Kamis (20/4).

RTL diagendakan seminggu pasca Makesta. RTL digelar selama 6 hari setiap sabtu dan minggu dan tentunya dalam kondisi bulan Ramadhan.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengisi waktu libur anggota untuk berproses dan saling akrab satu sama lain dalam
organisasi.

Kegiatan ini bersinergi dengan kegiatan kajian ramadhan. RTL diselenggarakan pada tanggal 1, 2, 8, 9, 15, dan 16 April 2023. Bertempat di Masjid Jami' Al-Ikhlas Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi.

Agenda RTL ini mengusung tema "Lahirnya Pelajar Unggul, Berakidah ASWAJA dan Bermanfaat Bagi Masyarakat", dengan tema yang masih selaras dengan makesta ramadhan lalu, para pelajar diajak mendalami dan mendiskusikan materi-materi yang telah mereka dapatkan pada kegiatan makesta lalu.

Kemudian, fasilitator memberikan input berupa penguatan materi lanjutan untuk memperkaya pengetahuan-pengetahuan serta lebih aplikatif.

RTL yang dilakukan, mengarahkan pelajar pada isu-isu sosial yang dekat dengan mereka. adapun seperti anak putus sekolah karena keterbatasan ekonomi, perihal sampah serta kasus bullying. peserta diarahkan untuk mengkaji penyebab dan mencoba mengentaskan masalah tersebut secara kelompok.

Pada kesempatan RTL, menurut penuturan Teguh Kurniawan selaku fasilitator kegiatan RTL, "Selain menjadi pelajar yang berorientasi prestasi dan karir, pelajar NU juga harus memiliki kepekaan sosial antar sesama pelajar di sekolah masing-masing. sehingga pembeda pelajar NU adalah pelajar yang mampu bermanfaat baik bagi sekitarnya," tuturnya.

Perlu diketahui, agenda RTL bekerjasama dengan Ranting NU karangrejo, Takmir Masjid Al-Ikhlas Karangrejo. Adapun materi penguatan keilmuan dalam agenda RTL adalah Kajian Ramadhan berupa ngaji kitab, diskusi dan pendalaman materi mengenai nilai-nilai NU, Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdiyyah, KeIndonesiaan, IPNU dan IPPNU, serta ditutup dengan agenda buka bersama seluruh anggota PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Banyuwangi, (Red/NA).


Editor:

Badan Otonom Terbaru