• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Rabu, 22 Mei 2024

Badan Otonom

IPNU IPPNU

PC IPNU IPPNU Banyuwangi Gelar Halal Bihalal dan Rapimcab ke-2 di Kantor PCNU Banyuwangi

PC IPNU IPPNU Banyuwangi Gelar Halal Bihalal dan Rapimcab ke-2 di Kantor PCNU Banyuwangi
Pengurus IPNU-IPPNU Banyuwangi hadiri Rapimcab ke-2 di Kantor PCNU Banyuwangi /Foto : IPNU-IPPNU
Pengurus IPNU-IPPNU Banyuwangi hadiri Rapimcab ke-2 di Kantor PCNU Banyuwangi /Foto : IPNU-IPPNU

NUOB, Banyuwangi 
Masih di suasana bulan syawal, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) dan Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) Korp Pelajar Putri (KPP) Kabupaten Banyuwangi menggelar Halal Bihalal dan  Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab).

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna evaluaasi kepengurusan selama setahun kemarin, serta musyawarah untuk beberapa kegiatan di semester selanjutnya.

Output dari kegiatan ini yaitu agar anggota IPNU-IPPNU di semua tingkatan bisa menyampaikan aspirasi dan memahami isi program kerja pimpinan cabang.

Rapimcab yang diselenggarakan di Aula PCNU Kabupaten Banyuwangi pada Ahad (14/05) kemarin berjalan lancar.  Tak hanya itu, kegiatan tersebut dihadiri oleh 189 IPNU maupun IPPNU yang terbagi dalam 25 Pimpinan Anak Cabang (PAC) di seluruh kabupaten Banyuwangi.

Ketua PC IPNU Banyuwangi, Imam Mutaji menuturkan, bahwasanya rapimcab diselenggarakan sebagai wadah untuk mengevaluasi kinerja pengurus cabang yang telah dilaksanakan serta membahas program kerja ke depan. 

"Pada momentum ini kita bisa merefresh kembali arah gerak kepengurusan, kita semua harus bisa menyikapi dinamika yang ada pada organisasi, berkumpulnya seluruh PAC IPNU dan IPPNU Banyuwangi ini juga untuk menguatkan kesepakatan bersama demi kemajuan organisasi," ujarnya saat sambutan.

Senada dengan pernyataan tersebut, Ketua PC IPPNU Kabupaten banyuwangi, Rekanita Ashfy Ainul Islami juga mengatakan, perlu adanya sinkronisasi antara IPNU dan IPPNU  di bumi Blambangan ini, meskipun secara PD/PRT/PPOA itu ada yang berbeda.

"Bisa digarisbawahi ya, sinkronisasi cabang IPNU dan juga IPPNU itu perlu. Mengapa demikian, agar pengkaderan di PAC-PAC sampai ke ranting berjalan dengan baik, dan juga kalau kegiatan juga kan sering bareng. Mungkin kita setelah ini mengadakan roadshow ke anak cabang seluruh Banyuwangi, agar aspirasi-aspirasi sampai ke pengurus cabang” ungkap Ashfy.

Tak hanya itu PC IPNU Banyuwangi periode saat ini, juga mereshuffle beberapa pengurus cabang yang selama satu semester atau satu tahun kepengurusan terlihat kurang maksimal. Tetapi, sistem reshuffle yang di terapkan ini berbeda pada umumnya.

“Reshuffle ini bukan seperti pada umumnya lho ya, sistem yang kami terapkan bukan mencopot, atau mengeluarkan nama pengurus tersebut, tetapi kami menambah personil agar salah satu bidang yang kurang aktif itu berjalan maksimal,” ujar Oby Sekretaris PC IPNU Banyuwangi.

Forum musyawarah tersebut juga dihadiri Ketua PCNU Kabupaten banyuwangi, yakni KH. Ali Makki Zaini. Beliau menuturkan kepada pengurus yang ada di cabang maupun tingkatan anak cabang, bahwasanya pertemuan ini sangatlah luar biasa, baik dari sisi silaturrahmi dan juga konsolidasi.

“Pertemuan-pertemuan seperti ini saya senang, karna ini suatu bentuk ajang silaturrahmi dan konsolidasi organisasi," tuturnya.

Pria yang kerap disapa Gus Makki itu menegaskan bahwa para kader muda NU itu putra-putri KH. Hasyim Asyari dari sisi ideologis. Bukan hal yang mudah menjadi keturunan dari sisi ideologis pendiri NU tersebut. Karna perjuangan dan pengorbanan ketika berkhidmah di NU itu perlu.

“Kita harus bersyukur telah diberikan energi positif oleh Allah SWT., dimana yang awalnya sampean semua lebih banyak waktu bermain atau jalan-jalan, itu sudah agak digeser. Waktunya sekarang di korbankan untuk di IPNU dan IPPNU, jenengan sudah mengorbankan sekian persen untuk berkhidmah di NU, dan yakinlah Barokahnya itu pasti nyata dan tak terduga menghampiri kita," tukasnya.

Gus Makki mengajak seluruh muda-mudi IPNU dan IPPNU Banyuwangi, membuat catatan indah pada kepengurusan saat ini dan seterusnya.

“Tidak ada barang yang bermutu, yang berharga murah jadi ayo selesaikan tugas-tugas ini. Buatlah catatan yang indah, serta perlu dicatat yaitu jangan lepaskan kesempatan dan ciptakan kreasi serta inovasi-inovasi baru di era modern ini," pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa pada Rapimcab tersebut diselenggarakan pemberian apresiasi lepada PAC Terbaik di antaranya, PAC Purwoharjo sebagai (Pencetak kader terbanyak); PAC Siliragung (Pengelolaan Media Sosial terbaik); PAC Wongsorejo (Pengelolaan Media sosial terbaik).

Penghargaan ini diberikan untuk memotivasi para pengurus PAC yang lain agar spirit atau semangat untuk memajukan organisasi itu terwujud (Red/RF).


Editor:

Badan Otonom Terbaru