• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Rabu, 17 Agustus 2022

Badan Otonom

Pelajar NU Wongsorejo Angkat Kearifan Lokal pada Jejang Kaderisasi

Pelajar NU Wongsorejo Angkat Kearifan Lokal pada Jejang Kaderisasi
Makesta PAC IPNU IPPNU kecamatan Wongsorejo (Foto: NUOB)
Makesta PAC IPNU IPPNU kecamatan Wongsorejo (Foto: NUOB)

Banyuwangi, NUOB
 

Kaderisasi merupakan tugas pokok dari Ikatan Pelajr Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Selain mencetak kader yang berintelektual, berwawasan kebangsaan, serta menjunjung tinggi akidah ahalussunnah wal jama’ah, Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU dan IPPNU kecamatan Wongsorejo tak melupakan kearifan lokal sebagai dasar penanaman akhlak untuk para penerusnya.


 

Seperti yang disampaikan ketua PAC IPPNU kecamatan Wongsorejo Siti Rahma, bahwa pengkaderan di IPNU dan IPPNU tidak hanya tentang mengenal NU itu sendiri, namun harus juga kental dengan kearifan lokal.
 


“Maka dalam IPNU dan IPPNU ada yang namanya Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) sebagai gerbang pertama dalam pengkaderan. Kita dikenalkan dasar-dasar apa itu NU dan Ahlusunnah wal jamaah. Disana diajarkan juga materi IPNU, kepemimpinan, memimpin sebuah organisasi dan bahkan hari ini ditambahkan dengan ke-Indonesiaan, dan tak lupa kearifan lokal,papar Siti Rahma, Ahad (4/7/22) malam.


​​​​​​​

Adapun kearifan lokal yang kami maksud iyalah  menanamkan nilai nilai kebiasaan adat seperti Adat sebagai kebiasaan untuk menghormati yang lebih tua,  peduli terhadap lingkungan yang harus dihormati, sifat  gerakan gotong royong, serta toleransi.

Pihaknya pun mengingatkan tentang salah satu cita-cita NU yaitu mempertahankan akidah Ahlusunnah Wal Jamaah dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tujuan ini sudah sering digaungkan pada Muktamar NU dan harus dikuatkan oleh para pelajar NU hari ini.
 

“Kita sebagai kader NU harus mampu mewujudkan cita-cita NU itu sendiri, yakni memertahankan akidah Ahlusunah Wal Jama’ah, dan NKRI,” kata Siti Rahma


 

Pemerataan dalam penerapan jejang kaderisasi ini sebagian harapan besar adalah  mengumpulkan bibit unggul an nahldiyin dari irisan pelajar yang berlandaskan ahlusunna wal jama'ah dan berwawasan pancasila serta undang-undang dasar 1945.


 

Harapan kami, dengan pemerataan makesta di kecamatan wongsorejo iyalah menjawab bagaiman IPNU IPPNU harus menajadi bemper Belajar, Berjuang, dan Bertakwa yang berkearifan lokal dari segala sektor baik dari biologis, sosial, religius,” pungkasnya.(Sahroni)


Badan Otonom Terbaru