• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Selasa, 6 Desember 2022

Badan Otonom

Pelantikan 25 PAC IKAPMII Banyuwangi Jadi Langkah Aktualisasi SDM Berkompeten

Pelantikan 25 PAC IKAPMII Banyuwangi Jadi Langkah Aktualisasi SDM Berkompeten

Pelantikan 25 PAC IKAPMII Banyuwangi Jadi Langkah Aktualisasi SDM Berkompeten
Pelantikan PAC IKA PMII Se-Banyuwangi. (Foto: Ali Wafa / Nuob)
Pelantikan PAC IKA PMII Se-Banyuwangi. (Foto: Ali Wafa / Nuob)

BANYUWANGI, NUOB

Pengurus Anak Cabang Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PAC IKAPMII Banyuwangi) di 25 Kecamatan, siap untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan program berkualitas pada pembangunan daerah. Hal ini dilakukan sebagai wujud aktualisasi kompetensi sumber daya manusia (SDM) dari para kader PMII.

Semangat bergerak dalam distribusi peran kader ini disuarakan oleh para pengurus PAC IKAPMII se-Banyuwangi setelah resmi dilantik oleh Pengurus Wilayah (PW) IKAPMII Jawa Timur.

Pelantikan yang Berlokasi di Gedung Aula Hotel Baru Indah Jalan Ahmad Yani Nomor 3 Dusun Kampung Baru, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini diikuti oleh ratusan alumni kader PMII yang berasal dari Bumi Blambangan.

Tak hanya para pengurus PC dan PAC IKAPMII Banyuwangi saja, dalam momentum sakral pengambilan sumpah pengabdian ini dihadiri juga oleh Ketua PW IKAPMII Jatim, Thoriqul Haq, Ketua dan Perwakilan Partai Politik, Para senior sepuh IKAPMII Banyuwangi, Perwakilan Forpimka Gambiran, Bawaslu Banyuwangi, dan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU Banyuwangi), KH Ali Makki Zaini.

Ketua PC IKAPMII Banyuwangi, Agus Baidlowi menyampaikan rasa optimis untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui kemampuan dari para kader PMII di Kabupaten Banyuwangi.

Sehingga Ia juga mendorong para pengurus di lingkup PAC IKAPMII bisa berkoordinasi dan berkolaborasi antara kepengurusan NU dan pemerintah di wilayah kecamatan masing-masing.

"Dengan konsolidasi dan kekompakan ini bisa menambah kekuatan kita untuk terus melangkah menuju pembangunan daerah menjadi lebih maju. Saya harap semuanya bisa saling bahu membahu dan berkoordinasi," kata Agus, Minggu (4/9/2022).

Pada kesempatan kali ini, Ketua PW IKAPMII Jatim Thoriqul Haq menyebutkan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan PC IKAPMII di seluruh Jawa Timur untuk memetakan potensi kader guna menghadapi tantangan zaman kedepan dalam memenuhi kebutuhan SDM.

Pucuk pimpinan IKAPMII Jatim yang juga menjabat sebagai Bupati Kabupaten Lumajang itu juga berharap, kekompakan dari alumni PMII di kabupaten paling timur pulau Jawa ini bisa menjadi pemantik semangat daerah lain.

Sehingga menjadi gerakan masal dalam memberdayakan seluruh potensi maupun kemampuan baik dibidang akademis, profesional dan lainnya.

"Saya bersyukur kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu PC IKAPMII yang mampu mendistribusikan kadernya dengan baik, sehingga aktualisasi SDM dari masing-masing personal bisa nampak dan dirasakan oleh masyarakat," ucap Cak Thoriq saat memberikan sambutan di hadapan para alumni PMII Banyuwangi.

Sementara itu, ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan PC IKAPMII Banyuwangi untuk membentuk kepengurusan alumni PMII di tingkat kecamatan.

Menurutnya, keberhasilan ini tentunya harus  diimbangi dengan penataan dan koordinasi yang baik antara PAC IKAPMII dengan pengurus NU di wilayah kecamatan. Sehingga terciptanya hubungan timbal balik dalam menjalankan program bersama.

"Sekarang tinggal bagaimana alumni yang terlantik ini bisa menentukan karakteristik nya dalam berorganisasi. Sinergitas hingga loyalitas kepada pimpinan juga menjadi kunci penting untuk kekompakan dalam menjalankan program," ungkap Gus Makki sapaan akrabnya dalam acara pelantikan 25 PAC IKAPMII Banyuwangi.  (Riswan/Nuob)


Editor:

Badan Otonom Terbaru