• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Rabu, 17 April 2024

Berita Aktual

LP Ma'arif

2100 Pramuka Penggalang Ramaikan JSN Sako Ma'arif NU Banyuwangi

2100 Pramuka Penggalang Ramaikan JSN Sako Ma'arif NU Banyuwangi
Ketua PCNU Banyuwangi, Gus Makki didampingi oleh pengurus Sakoma membuka JSN 2022.
Ketua PCNU Banyuwangi, Gus Makki didampingi oleh pengurus Sakoma membuka JSN 2022.

NUOB, Banyuwangi 


Bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022, Satuan Komunitas Pramuka LP Ma'arif PCNU Banyuwangi menggelar even JSN 2022. JSN (Jelajah Santri Nusantara) tahun 2022 mengambil rute start Lubang Buaya Cemetuk Desa Cluring dan finish di De Jawatan Benculuk.

Tercatat 2100 Peserta (Pramuka Penggalang dan Pembinanya) telah mendaftar sebagai peserta JSN 2022. Kak Imam Baedlowi (Ketua Sakoma NU Banyuwangi) menyampaikan, "Jelajah Santri Nusantara bertujuan untuk mengenalkan situs bersejarah di Banyuwangi, khusus edisi 2022 kami mengenalkan situs lubang buaya yang menjadi saksi bisu Kesaktian Pancasila". Kak Bay-bay (Sapaan akrab Imam Baedlowi) menambahkan, "JSN 2022 juga merupakan rangkaian peringatan Harlah ke-93 LP Ma'arif NU dan Menyambut 1 Abad NU serta Hari Santri Nasional 2022," ucap Zaki Al-Mubarok kepada tim NUOB Banyuwangi pada Senin, (3/10).

Kak KH. Moh. Ali Makki Zaini selaku Ketua Majelis Pembimbing Sako LP Ma'arif PCNU Banyuwangi bereksempatan langsung membuka acara dan melepas peserta JSN ke rute yang telah ditetapkan panitia. Gus Maki melepas peserta nomor urut pertama dengan membaca Fatihah kepada muassis NU, Muassis LP Ma'arif NU, pahlawan revolusi serta pahlawan revolusi lubang buaya cemetuk. Tidak ketinggalan beliau juga memimpin lantunan sholawat badar sebagai ciri khas membuka kegiatan bagi Jam'iyyah Nahdlatul Ulama.

Para peserta akan menempuh perjalan sekita 5 kilometer yang terbagi dalam beberapa pos. Pos pertama adalah pos yel-yel dan Sholawat Badar. Pos kedua adalah morse, sandi dan pionering. Sedangkan pos terakhir adalah pos halang rintang dengan aneka tantangan, diantaranya meniti jembetan tunggal, jaring laba-laba dan kekuatan ingatan.

Event Jelajah Santri Nusantara ini akan menjadi gelaran unggulan Satuan Komunitas Pramuka LP Ma'arif PCNU Banyuwangi setiap tahun. Yang menarik dari gelaran JSN ini, 52 regu dari 158 regu peserta JSN berasal dari sekolah/madrasah negeri dan swasta yang tidak berafiliasi dengan LP Ma'arif PCNU Banyuwangi. Event JSN ini juga menjadi wadah silaturahmi antar anggota dan pembina Pramuka penggalang di Kabupaten Banyuwangi.


Editor:

Berita Aktual Terbaru