• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Selasa, 6 Desember 2022

Berita Aktual

LFNU

Cetak Kader Astronomi, LFNU Banyuwangi ke Pesantren Raudlatussalam Gunungsari

Cetak Kader Astronomi, LFNU Banyuwangi ke Pesantren Raudlatussalam Gunungsari
Cetak Kader Astronomi di kalangan Pesantren, LFNU Banyuwangi ke Pesantren Raudlatussalam Gunungsari, Glenmore
Cetak Kader Astronomi di kalangan Pesantren, LFNU Banyuwangi ke Pesantren Raudlatussalam Gunungsari, Glenmore

NUOB, Banyuwangi 
Beberapa Minggu yang lalu, Lembaga Falakiyah PCNU (LFNU) Banyuwangi meluncurkan program 100 Astronomy Class. Kegiatan tersebut hadir dalam rangka menyambut satu abad Nahdlatul Ulama (NU).

Oleh karena waktu masih panjang maka, LFNU Banyuwangi semakin gencar melaksanakan kegiatan 100 Astronomy Class. Kali ini, pelatihan ilmu Falak di Pondok Pesantren Raudlatussalam Gunungsari desa Sumbergondo, Glenmore, Banyuwangi, Selasa malam (22/11).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai khidmah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi dalam rangka menyambut satu abad NU.

"Untuk memperluas penyebaran ilmu Falak di kalangan Pesantren, sekolah dan masyarakat, maka saya mengajar santri Raudlatussalam Gunungsari supaya menjadi kader Astronomi," ujar Gus Gufron Musthofa, Ketua LFNU Banyuwangi.

Kegiatan ini tampaknya sangat dinantikan oleh kalangan pesantren. Apresiasi datang dari pengasuh Pondok Pesantren Raudlatussalam Gunungsari, KH. Fahrurrozi. 

Pria yang kerap disapa Gus Rozi itu berharap, santri Pondok Pesantren Raudlatussalam memahami lebih jauh akan pentingnya ilmu Falak.

"Manfaat ilmu Falak adalah untuk memastikan ke mana arah kiblat bagi suatu tempat di permukaan bumi, untuk kita dapat memastikan waktu shalat sudah tiba atau matahari sudah terbenam, untuk berbuka puasa atau dengan ilmu Falak kita dapat melakukan rukyatul hilal, dapat tahu kapan terjadi gerhana bulan atau matahari," harapnya. 

Lebih lanjut, Gus Rozi menegaskan bahwa
apresiasi tak hanya datang dari pengasuh pesantren namun para santri juga senang mengikuti kegiatan Astronomi Class.

"Santri sangat antusias dan mereka berharap dari pelatihan ini kelak bisa mengembangkan, mengamalkan Ilmu Falak di masyarakat," pungkasnya.  


Editor:

Berita Aktual Terbaru