• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Selasa, 6 Desember 2022

Berita Aktual

LP Ma'arif

Gandeng Bank Muamalat, LP Ma'arif NU Banyuwangi Buka Program Talangan Haji Guru

Gandeng Bank Muamalat, LP Ma'arif NU Banyuwangi Buka Program Talangan Haji Guru
Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi, Zaki Al Mubarok bersama Kepala Cabang Bank Muamalat Genteng, Ubaidillah.
Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi, Zaki Al Mubarok bersama Kepala Cabang Bank Muamalat Genteng, Ubaidillah.

NUOB, Banyuwangi 
Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Banyuwangi terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan peluang dan jaringan yang dimiliki. Salah satunya adalah inovasi dana talangan haji yang bekerjasama dengan Bank Muamalat. MoU tersebut ditandatangani bertepatan dengan puncak peringatan Harlah ke-93 LP Ma'arif NU pada tanggal 2 Oktober 2022 yang dipusatkan di Lapangan ITSNU Banyuwangi.

Zaki Al Mubarok, Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi mengatakan bahwa "Program ini memudahkan bagi guru LP Ma'arif NU Banyuwangi yang memiliki keinginan kuat untuk berhaji tetapi masih ada kendala keuangan, maka dengan program ini niat ibadah haji akan dapat terencanakan dengan baik," ujar Zaki pada tim NUOB Banyuwangi, Kamis (6/10).

Senada dengan Zaki, Ubaidillah, Kepala Cabang Bank Muamalat Genteng dalam sambutannya menyampaikan bahwa "MoU dengan LP Ma'arif NU Banyuwangi ini adalah upaya Bank Muamalat untuk memberikan perhatian kepada guru dalam upaya mewujudkan ibadah hajinya, selain itu kami juga mengerjasamakan pembiayaan sekolah Islam yang berada di bawah naungan LP Ma'arif NU Banyuwangi," ucapnya.

Sekilas tentang program talangan haji guru LP Ma'arif NU Banyuwangi ini adalah pembiayaan menggunakan akad ijaroh sehingga ketika menyetorkan Ujrohnya maka porsi haji akan didapat. Hal ini tentu berbeda dengan sekema pembiayaan talangan haji dari bank konvensional dan syariah lainnya.

Bank Muamalat adalah pelopor bank syariah nasional yang hari ini sebagian besar kepemilikan sahamnya adalah BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji). Sehingga tidak perlu khawatir dengan layanan yang akan diberikan Bank Muamalat karena pasti didasarkan prinsip syariah yang diawasi ketat oleh BPKH.

Program dana talangan haji guru LP Ma'arif NU Banyuwangi ini dibagi menjadi dua jenis. Pertama haji reguler dengan ujroh 1 juta rupiah dengan angsuran Rp.655.000/bulan dan dipastikan sudah mendapat porsi haji. Sedangkan jenis kedua adalah haji khusus, dengan pembayaran ujroh awal 10 juta rupiah dengan angsuran 2 juta rupiah dan dipastikan mendapatkan porsi haji plus. Program ini juga sesuai dengan program BPKH yaitu Haji Muda.


Editor:

Berita Aktual Terbaru