• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Senin, 30 Januari 2023

Berita Aktual

LP Ma'arif

Jelang Satu Abad NU, LP Ma'arif PCNU Banyuwangi Luncurkan 100 Sekolah Mercusuar

Jelang Satu Abad NU, LP Ma'arif PCNU Banyuwangi Luncurkan 100 Sekolah Mercusuar
Ketua LP Ma'arif PCNU Banyuwangi, Zaki Al-Mubarok (tengah) didampingi jajarannya menyaksikan penandatanganan pakta integritas.
Ketua LP Ma'arif PCNU Banyuwangi, Zaki Al-Mubarok (tengah) didampingi jajarannya menyaksikan penandatanganan pakta integritas.

NUOB, Banyuwangi 
Dalam rangka menyambut 100 tahun Nahdlatul Ulama (NU), Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi meluncurkan 100 Sekolah Mercusuar.

Sekolah Mercusuar merupakan satu di antara program unggulan PCNU Banyuwangi. Untuk itu, bagi 100 Sekolah atau Madrasah yang dijadikan Sekolah Mercusuar perlu menandatangani pakta integritas. Pakta interitas ditandatangani di Aula Kantor LP Ma'arif PCNU Banyuwangi, Srono, Banyuwangi, Jum'at (9/12).

Mercusuar merupakan sekolah-sekolah yang memiliki prestasi, akreditasi dan memiliki kepercayaan masyarakat yang tinggi.

Menurut Ketua LP Ma'arif PCNU Banyuwangi, Zaki Al-Mubarok, hadirnya 100 Sekolah Mercusuar ini menjadi penunjuk jalan bagi sekolah di bawah naungan NU.

"Sehingga menjadi penunjuk kapan bagi sekolah di bawah naungan NU seperti, Madrasah Ibtidaiyah dan lain sebagainya. Sekolah Mercusuar ini dapat ditemui di semua kecamatan di wilayah Banyuwangi," ucapnya.

Zaki melanjutkan bahwa ada dua kategori Sekolah Mercusuar. Baik di madrasah maupun sekolah baik SMP dan SMA atau sederajat. 

Kata dia, sekolah-sekolah ini akan mendapatkan fasilitasi pengembangan mutu sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan kualitas kelembagaan sekolah.

"Seperti, memberikan bantuan dan mempromosikan sekolah mercusuar melalui akun medsos LP Ma'arif PCNU Banyuwangi," jelasnya.

Menurut Zaki, karena pendidikan di bawah NU ini sering dijadikan sebagai sekolah nomor dua. Maka, diluncurkan 100 Sekolah Mercusuar ini menjadi bukti bahwa pendidikan NU itu maju.

"Kita ingin membuktikan kepada masyarakat bahwa ada pendidikan NU yang maju. Dampak langsung kepada siswa ini menjadi kebanggaan karena sekolahnya dijadikan sebagai sekolah Mercusuar," pungkas Zaki. 


Editor:

Berita Aktual Terbaru