• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Rabu, 17 Agustus 2022

Berita Aktual

Ketua PC Fatayat NU Banyuwangi Tegaskan Fatayat NU Banyuwangi Berkomitmen Perjuangkan Hak Perempuan

Ketua PC Fatayat NU Banyuwangi Tegaskan Fatayat NU Banyuwangi Berkomitmen Perjuangkan Hak Perempuan
Mariyana, Ketua Pimpinan Cabang Fatayat NU Banyuwangi saat memberikan sambutan pada acara konferancab PAC Fatayat NU Kabat di Desa Kalirejo Kecamatan Kabat, Banyuwangi
Mariyana, Ketua Pimpinan Cabang Fatayat NU Banyuwangi saat memberikan sambutan pada acara konferancab PAC Fatayat NU Kabat di Desa Kalirejo Kecamatan Kabat, Banyuwangi
Banyuwangi, NUOB-  Usai tuntaskan masa khidmat, Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Kabat menggelar Konferensi Anak Cabang. Kegiatan ini diawali dengan dengan agenda evaluasi kepengurusan, penyampaian laporan pertanggungjawaban dan diakhiri dengan agenda utama yakni pemilihan Ketua Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Kabat untuk masa khidmat 2021-2026.

Konferensi yang dilaksanakan di Kantor Desa Kalirejo Kecamatan Kabat kali ini, juga dihadiri, MWC NU Kabat, Muslimat, GP Ansor, Banser, IPNU, IPPNU serta perwakilan dari Pemerintah Kecamatan Kabat.

Dalam kesempatan ini H. Lesmono selaku perwakilan dari Kecamatan Kabat menyampaikan, meski level PPKM di Banyuwangi sudah menurun, namun dirinya tetap mengingatkan kepada masyarakat dalam era New Normal ini, setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kita sudah memasuki masa atau era New Normal atau kebiasaan baru, maka semua kegiatan sudah bisa dilaksanakan tetapi dengan syarat yaitu menggunakan Protokol Kesehatan," kata H. Lesmono.

Sementara itu, Mariyana selaku Pimpinan Cabang Fatayat NU Banyuwangi memaparkan beberapa program yang sudah dijalankan oleh pengurus dan kader fatayat selama ini, dalam sambutannya Mariyana yang akrab disapa Meyrin kembali menegaskan komitmen Fatayat NU Banyuwangi dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. 

Menurut Meyrin, perempun tidak boleh hanya berkecimpung di sektor private namun, harus terlibat aktif dalam pembangunan dan pemberdayan masyarakat secara langsung. Hal tersebut dituangkan dalam beberapa program diantaranya, Penanggulangan Stunting, Permata Intan atau pendampingan kesehatan kepada remaja putri, pendampingan vaksinasi, pelatihan enterpreneur kepada korban perceraian, pencegahan pernikahan dini, dan menumbuhkan UMKM dengan berbelanja di warung atau tetangga terdekat.

"Alhamdulillah, Fatayat selama ini sudah berusaha menjalankan apa yang diamanatkan oleh Ketua PCNU Kabupaten Banyuwangi yaitu bisa melayani masyarakat dengan menjangkau masyarakat yang belum terjangkau dan menyentuh masyarakat yang belum tersentuh oleh pemerintah," ungkap Mariyana.

Selain itu, dalam menjalan program-program, Fatayat juga terus menjalin sinergi dengan pihak-pihak terkait baik pemerintah maupun di sektor swasta.

"Dalam menjalankan program-program Fatayat, kita juga telah bekerjasama dengan sejumlah pihak-pihak terkait, seperti Kementrian Agama, Dinas Kesehatan, Puskesmas terdekat dan dinas-dinas lainnya yang berkaitan dengan program kita," ujar Mariyana.

Pada sesi akhir kegiatan Konferensi Anak Cabang Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Kabat tahun 2021 ini, Rina Dwi Arini kembali terpilih menjadi Ketua Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Kabat masa khidmat 2021-2026 secara aklamasi. 

Ditemui setelah acara, Rini mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Tim Formatur untuk menyusun kepengurusan dan menyiapkan beberapa program kedepan. (Fendi/Noe)


Editor:

Berita Aktual Terbaru