• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Fikroh Nahdliyah
Kamis, 19 Mei 2022

Berita Aktual

IPNU

Lomba Menulis Opini PC IPNU Banyuwangi Usai, Berikut Daftar Juaranya

Lomba Menulis Opini PC IPNU Banyuwangi Usai, Berikut Daftar Juaranya
Pengumuman juara Lomba Menulis Opini PC IPNU Banyuwangi (Foto: PC IPNU Banyuwangi for NUOB)
Pengumuman juara Lomba Menulis Opini PC IPNU Banyuwangi (Foto: PC IPNU Banyuwangi for NUOB)

Banyuwangi, NUOB

Gelaran Lomba Menulis Opini yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Kabupaten Banyuwangi, dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) telah usai. Lomba yang dihelat sejak Rabu, 20 Oktober dan ditutup pada Jumat, 29 Oktober 2021 itu diikuti oleh kalangan pelajar maupun umum.

Diumumkan melalui akun Instagram resmi PC IPNU Banyuwangi @pelajarnu_banyuwangi, terpilih 3 peserta terbaik yang telah melewati tahap penjurian. Dan berhak memperoleh piagam penghargaan dan uang pembinaan total Rp. 2 juta rupiah.

Ketua PC IPNU Banyuwangi Ahmad Asrorul Umami mengatakan, lomba ini merupakan ikhtiyar PC IPNU Banyuwangi dalam mengasah kemampuan kadernya dalam bidang menulis. Menurutnya, kecintaan kader dalam hal menulis masih menjadi permasalah besar di Kota Gandrung ini.

“Ini adalah usaha kita untuk memantik minat temen-temen untuk mengembangkan minat menulisnya, terlebih saya lihat temen-temen ini masih kurang kegemarannya dalam hal menulis,” ungkap Umam sapaan akrabnya.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pers PC IPNU Banyuwangi Rivani Noer Maulidi, selaku pelaksana dari lomba ini membeberkan tentang proses penilaian yang dilakukan. Sebanyak 8 aspek penilaian yang menjadi dasar penentuan para juara pada lomba kali ini, selain aspek penilaian dari penulisan, pihaknya mengaku juga menggunakan sistem Cek Plagiasi, yang mana akan diketahui tulisan yang dikirim merupakan naskah orisinil tulisan pribadi.

“Ada 8 aspek penilaian, ada sistem cek plagiasi, jadi ya tetap ketahuan siapa yang copy paste naskah dari website atau tulisan orang lain,” ujar Rivani.

Setelah melalui tahap penjurian lanjut Rivani, tulisan yang telah dikoreksi dan dicek keorisinilannya akan dikembalikan sebagai bahan evaluasi bagi para peserta. Disusul dengan form penilaian juri yang dikirim melalui Emai pribadi masing-masing peserta.

“Sebagai bahan evaluasi bagi peserta, kami kirim ulang naskah yang sudah dikoresi, dan form penilaian dari juri,” ujarnya.

Adapun daftar juara Lomba Menulis Opini PC IPNU Banyuwangi, sebagai berikut:

  1. Windi Ramayanti
  2. Pradikta Andi Alvat
  3. Muhammad Habibullah

Kepada para juara, informasi terkait pemberian hadiah akan diinformasikan melalui via WhatsApp peserta terdaftar.


Editor:

Berita Aktual Terbaru