• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Sabtu, 20 April 2024

Berita Aktual

LPBI

LPBI PCNU Banyuwangi Gandeng Dinas Kehutanan Tanam Mangrove di Hari Santri 2023

LPBI PCNU Banyuwangi Gandeng Dinas Kehutanan Tanam Mangrove di Hari Santri 2023
Ketua LPBI PCNU Banyuwangi, Untung (tengah) didampingi oleh pendekar NU saat menanam mangrove di momen hari santri 2023.
Ketua LPBI PCNU Banyuwangi, Untung (tengah) didampingi oleh pendekar NU saat menanam mangrove di momen hari santri 2023.

nuob, Banyuwangi
Bertepatan dengan hari santri nasional (HSN) tahun 2023, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi menggandeng Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur wilayah Banyuwangi melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai selat Bali, Banyuwangi, (22/10).

Banyuwangi merupakan salah satu pusat penanaman mangrove yang diinisiasi oleh LPBI Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"Ada 2 lokasi yang menjadi titik fokus penanaman yaitu di pantai Bomo kecamatan Blimbingsari dan pantai Kalimati Muncar," ketua LPBI PCNU Banyuwangi, Untung Hermawan saat dihubungi tim NUOB Banyuwangi.

Tujuan penanaman mangrove tidak lain agar dapat mencegah abrasi laut, karena mangrove adalah jenis tanaman yang akarnya mampu menahan pengikisan tanah, di samping itu mangrove juga mampu mengeluarkan oksigen (O2) yang dibutuhkan oleh manusia, sekaligus menyerap zat-zat beracun (CO2) yang sangat berbahaya.

Menurut Untung, ada sebanyak 150 personil yang turut mensukseskan program tersebut. 

"Penanaman dilakukan kurang lebih 150 orang terdiri dari anggota LPBI, Pagarnusa,
Siswa SMP Kosgoro Muncar, Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah Banyuwangi, Dinas kehutanan wilayah Banyuwangi, Pokmaswas Bomo dan warga masyarakat sekitar," jelasnya.

Untung berharap masyarakat tetap merawat mangrove yang telah ditanam untuk keberlangsungan kelestarian lingkungan hidup .


Editor:

Berita Aktual Terbaru