• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Senin, 30 Januari 2023

Berita Aktual

PCNU Banyuwangi

PCNU Banyuwangi Kembali Lakukan Sobo Kelurahan di Kelurahan Taman Baru

PCNU Banyuwangi Kembali Lakukan Sobo Kelurahan di Kelurahan Taman Baru
Ketua Tanfidziyah PCNU Banyuwangi, Gus Makki lakukan dialog interaktif bersama PRNU Taman Baru
Ketua Tanfidziyah PCNU Banyuwangi, Gus Makki lakukan dialog interaktif bersama PRNU Taman Baru

NUOB, Banyuwangi 
Dalam rangka mensinergikan pengurus Nahdlatul Ulama (NU) di semua tingkatan. Terutama di wilayah kota maka, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kembali melakukan Sobo Kelurahan.

Kali ini, kelurahan Taman Baru yang disobo oleh PCNU Banyuwangi. Kegiatan ini digelar di kantor kelurahan Taman Baru kecamatan Banyuwangi kabupaten Banyuwangi, Selasa (24/1).

Kegiatan ini dihadiri oleh PCNU, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Banyuwangi dan seluruh Pengurus Ranting NU (PRNU) se-kelurahan Taman Baru beserta badan otonom (Banom) dan Lembaga di tingkat ranting.

Dalam kesempatan tersebut, mewakili Pemerintah Kelurahan Taman Baru, H. Muhsin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama pemerintah kelurahan dengan pengurus Ranting.

"Ranting di Taman Baru sudah mulai menggeliat. Untuk itu, mari kita bersinergi untuk memajukan masyarakat di wilayah Taman Baru," ucapnya saat sambutan.

Selain terdapat dialog interaktif antara pengurus PCNU dengan PRNU Taman Baru juga, dilaksanakan penguatan Aqidah Islam Ahlusunah Waljamaah Annahdiyah.

Hal tersebut disampaikan oleh KH. Luayyi selaku Wakil Rois Syuriah PCNU. Pihaknya mengajak para audien untuk bersama belajar Aqidah Ahlussunah Waljamaah Annahdiyah.

Menurutnya, sudah banyak aliran yang memecah belah bangsa Indonesia termasuk bagaimana kekompakan warga NU di Banyuwangi ini dipecah belah.

"NU ini nulungi umat, nuntun umat, nurut ulama agar kita tetep kokoh dalam persatuan dan kesatuan. NU ini benteng negara agar negara ini tetap bersatu dalam bingkai NKRI," ujarnya.

Menguatkan pernyataan tersebut, Ketua Tanfidziyah PCNU Banyuwangi, KH. Mohammad Ali Makki Zaini menegaskan bahwa melalui Sobo Kelurahan maka akan tercipta sinergitas antar Pengurus NU dengan pemerintah maupun antar pengurus. 

"Sobo Kelurahan ini merupakan "jagongane" pengurus NU di semua tingkatan. Kenapa kok harus jagongan agar hati kita saling sembung. Antar pengurus harus sambung hatinya kususnya dalam menggerakkan NU melalui kegiatan lebih-lebih laden-laden warga NU. Laden-laden ini dalam bidang apapun," tukasnya. 

Gus Makki berharap, pengurus NU harus hadir menjadi solusi di setiap kesulitan masyarakat. 

"Warga NU biarlah merasakan manfaat keberadaan NU. Tetuslah aktif berkegiatan terus tanpa lelah sampai matipun kita semuanya tetap ber NU. Toriqot kita laden-laden warga NU," pungkasnya. 

Perlu diketahui, kegiatan sobo deso maupun Kelurahan ini tidak lain adalah cara PCNU hadir dan turun langsung ke Kelurahan untuk menyapa pengurus di tingkat bawah yang ada di kelurahan Taman Baru.


Editor:

Berita Aktual Terbaru