• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Jumat, 1 Juli 2022

Berita Aktual

HAUL AHLI BADAR

PCNU Banyuwangi Peringati Haul Ahli Badar bersama 1300 Banser dan Pagar Nusa

PCNU Banyuwangi Peringati Haul Ahli Badar bersama 1300 Banser dan Pagar Nusa
Gus Makki sampaikan sambutan pengarahan di hadapan 1300 Banser dan Pagar Nusa
Gus Makki sampaikan sambutan pengarahan di hadapan 1300 Banser dan Pagar Nusa

Banyuwangi, NUOB

 

PCNU Banyuwangi memperingati Haul Ahli Badar di Lapangan Watukebo, Blimbingsari Kamis (21/4). Mengundang 1300 peserta terdiri dari Jajaran Ansor, Banser, Pagar Nusa, dan Lazisnu, Kegiatan bertajuk "Haul Ahli Badar, Apel Banser dan Pagar Nusa"  berlangsung ramai dan khidmat.

 

Hadir dalam acara Jajaran Syuriyah dan Tanfidziyah PCNU Banyuwangi, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, Muchamad Nabil Haroen, M.Hum (Gus Nabil), Kapolresta Banyuwangi, Kombespol Nasrun Pasaribu, Dandim 0825, Danlanal dan Forkopimka Blimbingsari.

 

Haul Ahli badar ini untuk mengenang dan mendoákan 313 Ahli Badar yang bertempur dalam Perang Badar Al-Kubra (غزوة بدر), Peristiwa besar bersejarah yang menentukan masa depan Islam dan kaum muslimin. Perang ini terjadi pada 17 Ramadhan 2 Hijriyah (13 Maret 624 Masehi) dan dikenal sebagai perang ideologi bertemunya dua kekuatan yaitu pasukan muslim dengan kafir Quraisy. Sebanyak 313 pasukan muslim yang merupakan orang-orang terbaik mengalahkan pasukan kafir Quraisy yang berjumlah 1.000 orang.

 

Kapolresta Banyuwangi, Kombespol Nasrun Pasaribu dalam sambutannya mengaku merasa terhormat bisa menghadiri acara Apel Banser dan Pagar Nusa yang dihadiri oleh ribuan orang. Nasrun menyampaikan bahwa Ansor Banser dan Pagar Nusa adalah elemen penting yang bisa membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta dalam arti luas menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia.

 

Dalam sambutan pengarahan Ketua PCNU Banyuwangi, H. Moh. Ali Makki Zaini memulai dengan bercerita sejarah Perang Ahli Badar secara runtut dan jelas sesuai Kitab "Anwarul Fajr fi Fadhoili Ahlil badar". Gus Makki bercerita bagaimana Pasukan Nabi Muhammad SAW yang hanya berjumlah 313 orang bisa memenangkan perang melawan 1000 orang kaum musyrikin.

 

Salah satunya adalah taktik dan strategi Nabi dalam memprediksi Jumlah kaum musyrikin sebelum menuju ke medan Perang. Nabi bertanya kepada seseorang dari musyrikin tentang jumlah Unta yang biasa disembelih untuk konsumsi makan seluruh pasukan kaum musyrikin. Dari situ Nabi dengan mudah bisa memperkirakan jumlah pasukan Musyrikin, sehingga bisa lebih mempersiapkan pasukan untuk berperang, sehingga bisa menang. 

 

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, Gus Nabil menutup rangkaian sambutan dengan berpidato di tengah-tengah ribuan Pasukan Banser dan Pagar Nusa. Gus Nabil menyampaikan rasa bangga dan bahagia bisa menghadiri acara besar dan bersejarah ini. Peringatan Haul Ahli Badar ini sangat penting dalam rangka mengingatkan kembali pada generasi muda untuk mengambil hikmah peristiwa besar Perang Badar yang dimenangkan oleh Kaum muslimin di bawah pimpinan Rasulullah SAW.

 

Dalam kesempatan ini, Gus Nabil menutup sambutannya dengan mengijazahkan sebuah amalan dari KH. Ali Maksum Yogyakarta kepada seluruh Anggota Ansor Banser dan Pagar Nusa yang hadir.

 

Di Akhir acara, PCNU Banyuwangi membagikan tali asih berupa sarung kepada 1300 pasukan Ansor Banser, Pagar Nusa, dan Lazisnu yang hadir. Pembagian sarung ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun bertujuan untuk menguatkan Halaqah Bathiniyah (Ikatan bathin) sesama warga Nahdlatul Ulama. (dir/nuob)

 

 


Berita Aktual Terbaru