• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Fikroh Nahdliyah
Kamis, 19 Mei 2022

Berita Aktual

PCNU Sampaikan Pentingnya Gotong Royong untuk Menebar Manfaat kepada Masyarakat

PCNU Sampaikan Pentingnya Gotong Royong untuk Menebar Manfaat kepada Masyarakat
Gus Makki saat memebrikan sambutan kepada para pengurus nu di Desa Sumberbaru, Kecamatan Singojuruh. (Foto: Ali Wafa)
Gus Makki saat memebrikan sambutan kepada para pengurus nu di Desa Sumberbaru, Kecamatan Singojuruh. (Foto: Ali Wafa)

BANYUWANGI, NUOB

Dalam kesempatan Program Silaturahim dan Sobo Deso ke-162, Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU Banyuwangi), KH Ali Makki Zaini menyampaikan pentingnya kekompakan dan gotong royong dari para pengurus di semua tingkatan untuk memberikan manfaat kepada seluruh elemen masyarakat.

 

Hal ini sejalan dengan selogan dari PCNU Banyuwangi yakni melayani yang belum terlayani dan menjangkau yang belum terjangkau. Kehadiran para pengurus NU diharapkan bisa menjadi solusi ditengah kesulitan yang dialami oleh masyarakat.

 

Berlokasi di aula kantor Desa Sumberbaru, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada kegiatan Sobo Deso kali ini juga dihadiri oleh forpimka Singojuruh dan pengurus NU dari tingkat Majelis Wakil Cabang (MWC) hingga pengurus ranting. Tak ketinggalan juga pengurus Badan Otonom (Banom), jajaran lembaga NU, dan Kiai langgar hingga guru ngaji di Desa Sumberbaru.

 

Gus Makki menyampaikan, kegiatan yang sudah berjalan sejak tahun 2020 ini merupakan upaya dalam menjalin kekompakan antar kepengurusan, sehingga kedepan ada komunikasi yang efektif agar organisasi bisa berjalan secara maksimal.

 

"Sobo Deso merupakan salah satu cara untuk duduk bersama warga Nahdliyyin agar bersama-sama melaksanakan amanat dengan prinsip hubungan batin antar pengurus," kata Gus Makki sapaan akrab ketua PCNU Banyuwangi, Jumat (11/3/2022).

 

Disela sambutannya, ketua PCNU yang juga pengasuh pondok pesantren Bahrul Hidayah Dusun Rayud, Desa Parijatah Kulon, Kecamatan Srono itu juga meminta kepada kader NU agar berperan aktif membantu pemerintah, khususnya di masing-masing desa untuk melaksanakan seluruh program dari kepala desa.

 

"Kebermanfaatan kader NU untuk masyarakat di Desa Sumberbaru ini harus diwujudkan dengan saling tolong menolong terutama dalam pelaksanaan program pemerintah dan dari kepala desa," ungkapnya.

 

Sementara itu Kepala Desa Sumberbaru, Ir Marsudi mengatakan kehadiran NU di wilayah administratifnya merupakan anugerah yang cukup terasa kebermanfaatannya. Terlebih dalam membina moral dan kerukunan masyarakat Desa Sumberbaru.

 

"Kami sangat senang dengan adanya NU yang selalu berkontribusi dalam segala lini kehidupan masyarakat di desa kami. Terlebih hal ini sangat penting guna mencegah paham radikalisme, menuntun moralitas penduduk yang santun, dan agar selalu mendapatkan bimbingan dari para ulama," ucap Ir Marsudi.

 

Ia berharap dengan semakin berkembangnya NU di wilayah setempat bisa membawa kedamaian dan kekompakan masyarakat. Hingga terwujudnya kemajuan Desa Sumberbaru. (Ris/NUOB)


Editor:

Berita Aktual Terbaru