• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Selasa, 6 Desember 2022

Berita Aktual

LP Ma'arif

SMK Al Azhar Sempu Berhasil Mengembangkan Sepeda Listrik

SMK Al Azhar Sempu Berhasil Mengembangkan Sepeda Listrik
Ketua PCNU Banyuwangi, Gus Makki didampingi Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi dan Kepala Sekola SMK AL Azhar dalam uji coba sepeda listrik
Ketua PCNU Banyuwangi, Gus Makki didampingi Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi dan Kepala Sekola SMK AL Azhar dalam uji coba sepeda listrik

NUOB, Banyuwangi 

Kendaraan listrik akhir-akhir ini menjadi tren tersendiri bagi masyarakat. Hal ini dipicu oleh tidak stabilnya harga bahan bakar minyak (BBM) akibat perang Rusia-Ukraina dan resesi dunia. Maka, salah satu upaya untuk efisiensi muncullah berbagai inovasi untuk mencari alternatif, salah satunya adalah sumber energi listrik.

Menangkap peluang tersebut, SMK Al Azhar Sempu mengembangkan prototipe sepeda listrik. Produk tersebut ditampilkan dalam bazar inovasi dan produk sekolah/Madrasah NU yang dilaksanakan mulai 30 September sampai 2 Oktober 2022 di Lapangan ITS NU Banyuwangi. Sepeda listrik tersebut berbahan bakar baterai. Menurut Sugeng Hari Wibowo, S.Kom (Kepala SMK Al Azhar), "Sepeda Listrik ini dikerjakan oleh siswa SMK Al Azhar jurusan TSM (Teknik sepeda motor) yang didampingi oleh guru produktifnya". Sugeng (sapaan akrabnya) menambahkan, "dalam sekali charge baterai, sepeda listrik ini membutuhkan waktu 2 jam, dengan daya jelajah sampai 45 kilometer," imbuhnya. 

Ketua PCNU Banyuwangi, KH. Moh Ali Makki Zaini berkesempatan mencoba langsung sepeda listrik ini mengelilingi lapangan ITS NU sambil mengungkapkan ketakjubannya. "Ternyata SDM NU mampu menghasilkan produk prototype sepeda listrik, kelak kalau sudah jadi ini akan menjadi kebanggaan Muassis Nahdlatul Ulama" kata beliau setelah puas mencoba sepeda listrik. Gus Maki berharap produk ini dapat ditampilkan dalam puncak Harlah ke100 tahun NU pada bulan Februari 2023 mendatang.

SMK Al Azhar Sempu adalah salah satu sekolah di bawah naungan LP Ma'arif PCNU Banyuwangi yang dikenal memiliki reputasi handal dalam berbagai produk dan inovasinya.


Editor:

Berita Aktual Terbaru