• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Selasa, 6 Desember 2022

Berita Aktual

NUOB

Ternyata Ketua PCNU Banyuwangi Tak Buta Teknologi

Ternyata Ketua PCNU Banyuwangi Tak Buta Teknologi
Ketua PCNU Banyuwangi, KH. Ali Makki Zaiki (Foto:NUOB)
Ketua PCNU Banyuwangi, KH. Ali Makki Zaiki (Foto:NUOB)

Banyuwangi, NUOB

Siapa yang tak kenal KH. Ali Makki Zaini, tokoh tersohor di kalangan warga Nahdliyyin terutama di Kabupaten Banyuwangi. Meski dikenal selaku pengasuh pondok pesantren, dan juga menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, ternyata Gus Makki sapaan akrabnya, tak kalah dalam hal teknologi.

Terbukti saat memberikan sambutan dalam acara ‘Pelatihan Pengelola Media Badan Otonom dan Lembaga’. Bertempat di Aula Kantor Aula H. Zainal Arifin Salam, PC Lembaga Pendidikan Ma'arif (LP Ma’arif) NU Banyuwangi, yang beralamat di Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Ahad, (13/02/2022).

Melalui gaya khasnya yang tegas dan juga humoris, Gus Makki dengan gamblangnya memaparkan pengetahuannya dalam bidang Internet dan Media Sosial. Bahkan beliau mengaku memiliki segala jenis media sosial, terkecuali Instagram.

Bahkan beliau memberikan simulasi untuk membuktikan bahwa peserta memang aktif di media sosial atau hanya menjadi penonton saja.  “Coba foto saya kemudian upload di media sosial tanpa caption,” Ujarnya kepada peserta yang hadir.

Seketika peserta yang hadir memotret foto beliau dan mengunggahnya di media sosialnya masing-masing.

Lanjut Gus Makki mengintruksikan untuk mengupload ulang foto tersebut dengan menggunakan caption. Hali ini untuk mengukur sebanyak apa pengguna yang menyukai postingan tersebut. “Sekarang upload lagi dan beri caption,” Tegasnya.

Ternyata dari sekian peserta yang hadir, tak banyak yang mendapatkan penyuka dari postingan yang di unggahnya. Sontak Gus Makki tertawa beserta hadirin yang hadir. “Sudah saya bilang kalian itu kurang aktif bermedia sosial,” Lanjut Gus Makki dengan gaya humornya.

Selain itu, Gus Makki mengintruksikan bahwa pegiat media sosial diharuskan untuk menambah dalam doa Sapu Jagatnya agar ditambahkan ‘Wa Fil Medsosi Hasanah’ setelah lafaz ‘Fid Dunnya Hasanah’.

“Tambahkan lafaz Wa Fil Medsosi Hasanah dalam doanya, karena media sosial merupakan alam yang baru, dan itu tak bisa dipungkiri,” Ungkap Gus Makki, sembari menuntun peserta untuk membaca doa teresbut.

Harapannya, dengan doa tersebut, para pegiat media sosial, utamanya kontributor di NU Online Banyuwangi mendapatkan kebaikan dalam menggeluti bidang Internet nantinya. “Ini bukan berniat menambah doa Sapu Jagat, tapi untuk kebaikan kita kedepannya, perlu berdoa seperti itu,” Tandas pengasuh di Salah satu Pondok Pesantren di Kecamatan Srono itu. (Rivani/NUOB)


Berita Aktual Terbaru