Gerakan Koin Ramadhan PCNU Banyuwangi, Dorong Warga Nahdliyin Bersedekah Lewat Lazisnu

$rows[judul]

Banyuwangi, NUOB

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU Banyuwangi) tunjukkan gerakan nyata dalam melayani masyarakat. Salah satunya dengan adanya program gerakan koin Ramadan. 

Dengan menyasar masyarakat NU di seluruh majelis wakil cabang (MWC) serta ranting se-Kabupaten Banyuwangi. Program yang dilaksanakan melalui Lembaga Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (Lazisnu PCNU Banyuwangi) ini diadakan selama 25 hari, terhitung sejak tanggal 13 April 2021 hingga 7 Mei 2021 mendatang.

Ketua Lazisnu Banyuwangi, Imron Rosyadi menuturkan gerakan koin Ramadhan merupakan implementasi dari kepedulian PCNU Banyuwangi terhadap kondisi masyarakat yang kurang mampu. Terlebih hal ini juga sebagai sebagai media dalam melayani umat

"Ini adalah cara NU Banyuwangi untuk melayani masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini dimulai pada 1 Ramadan sampai 25 Ramadan nanti," cetusnya, Senin (3/4/2021).

Adapun dana yang terkumpul sejak awal bulan Ramadhan hingga hari ke-20 ini sudah mencapai Rp 205.128.000 Rupiah. yang mana nantinya dana yang terkumpul akan dikelola pada masing-masing MWC dan Ranting untuk disalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Untuk pengelolaan akan di serahkan kepada seluruh tingkatan pengurus NU dengan presentase yang sudah dijelaskan dalam surat instruksi PCNU Banyuwangi. Sebesar 35% untuk Lazisnu tingkat Ranting, 30% untuk Lazisnu tingkat MWC dan 25% untuk Lazisnu tingkat Cabang serta 10% untuk operasional pengelolaan," kata Imron.

Sementara itu, Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini menyampaikan dalam program ini merupakan langkah yang diambil untuk mengedepankan sisi sosial dan kemanusiaan. Dengan mengemban misi melayani yang belum terlayani dan menjangkau yang belum terjangkau, diharapkan mampu mendorong masyarakat NU untuk bersedekah, zakat, hingga Infaq melalui Lazisnu PCNU Banyuwangi.

Lanjutnya, solidaritas masyarakat NU untuk bersedekah dimasa pandemi Covid-19 ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Yang mana bertujuan untuk memberikan stimulus ekonomi masyarakat miskin di kabupaten Banyuwangi.

"Kepedulian masyarakat terhadap sesama adalah hal yang harus terus di galakkan, disini PCNU Banyuwangi melalui Lazisnu berkomitmen untuk terus membantu meringankan beban masyarakat. Salah satunya dengan adanya gerakan kirab koin Ramadan ini," ungkapnya. 

(re/nuob)